oleh

Harus Lebih Gesit dari Murid

Kepala SDN 11 Akui Tak Bisa Lepas dari Teknologi

Tak bisa disangkal lagi. Anak balita pun kini begitu lincahnya mengakses internet. Bukan hanya game. Pembelajaran doa, dongeng, sampai pada mewarnai pun sudah bisa menggunakan smartphone. Kepala SD Negeri 11 Lubuklinggau, H Iswandi Hasan mengakui tak bisa membendung pesatnya teknologi. Pilihan terbaiknya, adalah memanfaatkannya dengan bijak.

Laporan Dendi Saputra, Lubuklinggau Ulu

TEKNOLOGI yang sekarang merupakan tantangan bagi guru, guru harus mempersiapkan diri. Minimal, langkah yang tak boleh lengah adalah harus lebih gesit dan kreatif dibanding siswa. Karena dengan kemajuan teknologi mungkin anak lebih duluan mendapatkan informasi mengenai pelajaran. Maka guru harus siap menerima masukan dari anak selagi tidak keluar dari jalur mata pelajaran.

Hal ini disampaikan, H Iswandi Hasan saat dibincangi Linggau Pos, Kamis (22/3).

Ia pun kini mulai menginovasi secara berkelanjutan teknik mengajar yang harus disesuaikan dengan teknologi yang canggih.

“Saya berpendapat, dengan kemajuan teknologi, lebih membantu dalam pembelajaran dan meringankan tugas saya,” jelas Iswandi.

Alumni Pendidikan SPG Payah Kumbuh Sumatera Barat itu mengaku amat bangga menjadi guru. Meski setiap hari, ia harus gigih mencari media pembelajaran baru.

Menurutnya, menjadi guru patut disyukuri. Meski awalnya guru yang sejak tahun 1993 jadi PNS ini sebenarnya ingin jadi dokter.

“Saya sadarlah. Memang cita-cita mau jadi dokter. Tapi keuangan orang tua tak mampu. Jadi guru adalah pilihan profesi paling mulia,” jelasnya.

Tahapan demi tahapan karier dilaluinya. Sampai pada 17 Januari 2013 ia diamanahi untuk memimpin SD Negeri 11 Lubuklinggau hingga sekarang.

“Menurut saya, sudah tidak ada lagi alasan guru mau malas-malasan sekarang ini. Apalagi, pemerintah memberikan perhatian lebih bagi guru. Dengan adanya sertifikasi. Jadi kalau sudah sertifikasi semangatnya, jangan sampai kalah dengan guru muda yang masih honor. Minimal kita bisa jadi contoh bagi mereka,” jelasnya. (*)

Rekomendasi Berita