oleh

Harus Cerdas Ambil Hikmah dari Setiap Informasi

Linggau Pos Motivasi Pelajar Agar Giat Membaca

Remaja lebih sering tertarik membaca cerpen, novel, dan status Media Sosial (Medsos). Dengan adanya kegiatan Baca Linggau Pos Bersama, diharapkan bisa menginspirasi peserta didik untuk mulai menyukai informasi yang dimuat dalam Koran. Sehingga, hari-harinya akan hampa jika tanpa informasi terbaru dari harian lokal.

Laporan Sulis, Lubuklinggau

TUJUAN program Baca Linggau Pos Bersama selanjutnya adalah SMAN 8 Lubuklinggau. Sekolah ini terletak di Jalan Fatmawati Soekarno, Kelurahan Tana Jemekeh, Kecamatan Lubuklinggau Timur I. Lebih dari 300 siswa menimba ilmu di sekolah ini.

Memasuki kompleks SMAN 8, kami bisa merasakan segarnya udara di sana. Masih bersih, dan minim polusi. Kondisi demikian, jelas menambah konsentrasi siswa-siswi untuk belajar.

Kegiatan Baca Linggau Pos Bersama ternyata dipusatkan di halaman sekolah. Kepala SMAN 8 Lubuklinggau Hj Sri Nuryatun dan sejumlah guru sudah memulainya dengan membaca Surah Yasin bersama.

Barulah agenda kami dimulai. Sebagai prolognya, Hj Nuryatun mengingatkan kepada peserta didiknya untuk bisa mengambil hikmah dari setiap kabar. Terutama dalam membaca Koran.
Terlebih untuk informasi yang berbau kriminal, Hj Sri Nuryatun berharap peserta didiknya bisa mengambil hikmah, dan menjauhi hal-hal yang sifatnya melanggar hukum negara maupun agama.

Ia juga meminta peserta didiknya tumbuh menjadi manusia yang arif, yang mematuhi norma, dan selalu menghargai sesama. Jangan sampai terjebak pada perilaku Iblis yang menyesatkan.

Setelah itu, arahan singkat disampaikan Pemimpin Redaksi Linggau Pos Endang Kusmadi di podium utama. Ia mengingatkan, waktu membaca Linggau Pos ini hanya 5 menit. Para siswa langsung paham. Koran dibagikan oleh Kabag Pemasaran Linggau Pos Yezi Fadly dibantu tim dan beberapa pengurus OSIS SMAN 8 Lubuklinggau.

Lima menit proses membaca dilakukan. Masuklah pada sesi tanya jawab. Momen ini paling ditunggu-tunggu dalam setiap kegiatan. Yakni, tim Linggau Pos akan memberikan tantangan 10 pertanyaan untuk peserta didik. Mereka yang memiliki keberanian, angkat tangan, berdiri lalu menjawab pertanyaan dengan benar, langsung dapat hadiah.

Para siswa yang beruntung ini diantaranya, Adila, M Aldiansyah, Reni Yunika, Parhan, Muslimin, Sri Rejeki, Daniel Edles Erich, Sania Yuliani, Riza Dinata dan Rensa Winata.

Di akhir acara, Endang Kusmadi mewakili Manajemen Linggau Pos berterima kasih atas semangat Kepala SMAN 8, dewan guru dan para siswa yang mengikuti kegiatan ini. Bahkan terima kasih juga untuk Anugerah Kencana Motor yang senantiasa setia mendukung kegiatan rutin tahunan tersebut. (*)

Rekomendasi Berita