oleh

Hari Ini KPU Terima Surat Suara Pilkada

LINGGAU POS ONLINE, KAYU ARA – Hari ini (Rabu, 23/5), dijadwalkan surat suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kota Lubuklinggau 2018 tiba di Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau. Surat suara yang akan diterima pihak Sekretariat KPU Kota Lubuklinggau 161.032 lembar.

Proses pengiriman surat suara sudah dituangkan dalam Berita Acara (BA) KPU Lubuklinggau Nomor: 1/TU.01.1.BA/1673/SEK-KOT/V/2018, ditandatangani Yosep Bayu dari PT Aksara Grafika Pratama, Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri. Kemudian, ditandatangani Kabag Ops Polres Lubuklinggau, Kompol Yuda dan Ketua Panwaslu Kota Lubuklinggau, Mirwan Jaya Husein.

Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri melalui Kasubag Umum dan Logistik KPU Kota Lubuklinggau, Rudi Wijaya menjelaskan, dari 161.032 surat suara yang akan diterima KPU Kota Lubuklinggau, sesuai dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) surat suara yang didistribusikan ke TPS 155.153, ditambah dengan surat suara cadangan 2,5 persen.

Kemudian, ditambah 2.000 surat suara cadangan manakala dilakukan pemungutan ulang, di satu atau beberapa TPS yang dianggap bermasalah.

Menurut Rudi Wijaya, surat suara cadangan sebanyak 2,5 persen diperuntukkan bagi surat suara rusak atau kesalahan saat pencoblosan atau pemungutan suara yang dilakukan Rabu, 27 Juni 2018.

“Setelah surat suara tiba di sekretariat, kita akan kroscek apakah ada yang mengalami kerusakan. Bila ada yang rusak yang sifatnya fatal, kita akan telepon pihak percetakan untuk dicetak kembali sesuai dengan kebutuhan,”jelas Rudi.

Dilanjutkan Rudi, proses percetakan surat suara hanya bisa dilakukan di percetakan PT Aksara Grafika Pratama, karena dalam surat suara sudah dilengkapi dengan pengaman yang disebut dengan mikrotek. Bahkan, posisi dari mikrotek hanya diketahui oleh dua orang, yakni Ketua KPU Kota Lubuklinggau, Efriadi Suhendri dan Sekretaris KPU Kota Lubuklinggau Triko Defriyansah.

“Mikrotek hanya bisa dilihat dengan alat khusus, jadi bisa dipastikan surat suara yang sudah dicetak aman,” jelasnya. (01)

Rekomendasi Berita