oleh

Hargai Semangat dan Jasa Para Pahlawan

Smarters, pernah terpikir nggak sih gimana dulunya para pahlawan kita berjuang mati-matian demi kemerdekaan Indonesia, demi menaikan bendera sang merah putih. Wah, rasanya mungkin kalau kita jadi mereka sudah menyerah, nggak sanggup lagi berjuang melawan penjajah.

Dengan jerih payah itulah, maka tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan Nasional, tapi ada ceritanya juga loh. Kenapa harus 10 November, Smarters pasti tahukan?

Ingat dengan nama-nama pahlawan Indonesia?

“Nggak hafal semuanya sih, tapi ada beberapa yang ingat misalnya, Cut Nyak Dien, Tuanku Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, Pangeran Pattimura,” ujar siswi berinisial DW.

Bagaimana dengan siswa berinisial SK ini, “Yang tahu cuma yang sering disebut-sebut aja namanya ketika lagi belajar, atau yang ada terpajang di kelas he…he,” katanya.

Yah Smarters…. Dari beberapa survei, kebanyakan siswa hanya tahu sebagian nama-nama pahlawan yang familier saja, padahal banyak sekali jika kita cari di Google nama-nama pahlawan Indonesia. Coba aja nama-nama oppa Korea pasti pada hafal semua nih ha…ha… Kita harus menyeimbangkannya juga dengan hafal nama-nama pahlawan, ya guys.

Biasanya kalau di sekolah-sekolah akan diadakannya upacara sebagai bentuk rasa penghargaan kita terhadap jasa-jasa para pahlawan dan selalu anggota paduan suara menyanyikan lagu ‘Gugur Bunga’ yang bikin merinding.

“Lagu itu maknanya sangat-sangat dalam, jadi membuat pendengar ikut merasakan isi lagu tersebut. Yang memang menceritakan gugurnya seorang Pahlawan Negeri,” ungkap siswi berinisal MV yang merupakan salah satu anggota paduan suara di sekolahnya.

Menghargai Jasa Para Pahlawan.

Cinta Negeri Sendiri

Salah satu bentuk dari penghargaan kita kepada para pahlawan yaitu dengan cinta terhadap negeri sendiri, yang berarti kita menjaga negeri ini dari kerusakan baik secara fisik maupun mental. Kerusakan-kerusakan  itu harus kita cegah dan hentikan demi menghargai jasa para pahlawan sendiri.

Meneladani Sikap Semangat Juangnya

Kita remaja bangsa, harus meneladani sikap optimisnya, pantang menyerah, selalu bersemangat untuk mencapai apa yang kita inginkan. Semangat juang pahlawan itu harus kita aplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari kita Smarters.

Juga kita selalu mendoakan para pahlawan kita dan khidmat saat mengheningkan cipta guys. Ada kalimat gini, “Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya”. Selamat Hari Pahlawan, yang tak mengenal tanda jasa!(s3)

Komentar

Rekomendasi Berita