oleh

Harga Terjangkau Disukai Konsumen

Konsumsi Ayam Potong 8 Ton Per Hari

Konsumsi terhadap daging ayam potong di Rejang Lebong cukup tinggi. Dalam sehari mencapai 8 ton.

Laporan Syamsul Ma’arif, Curup

Banyak masyarakat memilih mengonsumsi daging ayam potong dibandingkan daging lainnya. Seperti daging Sapi dan Kerbau karena harganya terjangkau. Saat ini harga untuk daging ayam potong di pasaran antara Rp 28.000 sampai Rp 28.000 per Kg.

“Kalau sekarang harga di pasaran antara Rp 28.000 sampai Rp 32.000 per Kg,” kata Fauzi, Direktur CV Memey, dikonfirmasi Jumat (1/12).

Menurut Fauzi, tingginya konsumsi daging ayam potong banyak dipasok dari luar daerah. Seperti dari Kota Lubuklinggau dan sekitarnya. Sebab, stok daging ayam potong yang ada di Rejang Lebong tidak mampu memenuhi kebutuhan konsumsi setiap harinya.

“Yang dipasok dari luar daerah sekitar 6 ton, sementara dua ton lainya merupakan produksi dalam kabupaten Rejang Lebong,”kata Fauzi.

Tingginya konsumsi masyarakat terhadap daging ayam potong ini, menurutnya banyak masyarakat membutuhkan. Selain untuk konsumsi keluarga sendiri juga untuk kegiatan bisnis rumah makan. Maupun kebutuhan lain seperti hajatan atau pesta.

“Sekarang kalau kita lihat acara-acara pesta banyak yang menggunakan makanan daging dari ayam potong ketimbang daging lainya untuk pemenuhan kebutuhan protein hewani yang dibutuhkan setiap hari,”paparnya.

Kemudian katanya, untuk rumah makan juga banyak menyediakan berbagai menu yang bersumber dari ayam potong.

“Sekarang untuk membuat bakso, siomay dan jenis makanan lainnya juga banyak dari ayam potong,” paparnya.

Khusus untuk bisnis ayam potong yang dihasilkan CV Memey yang bekerja sama dengan sejumlah PT lainnya di Sumsel memasok ayam potong ke Rejang Lebong antara 2 ton hingga 3 ton per hari, ke pasar tradisional dan pasar lainnya di Rejang Lebong.

“Kalau ayam potong yang kita distribusikan dalam pemotonganya menggunakan syariat Islam, sehingga bisa dikonsumsi siapa saja dan dijamin kehalalannya,”ungkapnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita