oleh

Harga Telur Pengaruhi Inflasi

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU- Beberapa harga pangan Agustus 2018 mengalami penurunan, ini memengaruhi rendahnya inflasi Kota Lubuklinggau. Inflasi kota ‘Sebiduk Semare’ pada Agustus 2018, 0,07 persen, dengan laju inflasi tahun kalender 2,07 persen, sedangkan laju inflasi ‘year on year 3,14 persen.

Inflasi terjadi karena adanya kenaikan indeks lima kelompok pengeluaran, seperti kelompok pendidikan rekreasi dan olahraga 1,63 persen. Selanjutnya, kelompok makanan jadi, rokok dan tembakau 0,39 persen, kelompok kesehatan 0,31 persen. Lalu, kelompok transportasi,komunikasi dan jasa keuangan 0,16 persen.

Ada juga kelompok bahan makanan dan kelompok sandang mengalami penurunan indeks harga, masing-masing 0,63 persen dan 0,10 persen. Rendahnya inflasi juga disebabkan harga bahan pangan mengalami penurunan, seperti daging ayam ras, bawang merah, bawang putih, ikan nila, dan cabai rawit.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Lubuklinggau, Aldi Maisal mengatakan ada beberapa komoditi lain juga mengalami penurunan, seperti telur ayam ras dan beberapa komoditi sayuran lainnya. Inflasi ini juga didorong adanya kenaikan indeks harga komoditi pada kelompok pendidikan, rekreasi dan olahraga seperti Bimbingan Belajar (Bimbel) 6,42 persen. Uang pendidikan SMA 4,62 persen, dan uang SMP 5,72 persen.

Untuk kelompok atau komponen inti (core) selama Agustus 2018 mengalami inflasi 0,28 persen, komponen yang harganya diatur pemerintah atau administetred proces mengalami inflasi 0,60 persen. Komponen bergejolak atau volatile mengalami inflasi 0,73 persen.

Tiga kelompok yang memberikan sumbangan terjadinya inflasi selama Agustus 2018, yaitu kelompok komponen inti 0,15 persen. Kelompok komponen harga diatur pemerintah 0,11 persen, kelompok komponen harga bergejolak mengalami deflasi 0,20 persen.(rls/nia)

Rekomendasi Berita