oleh

Harga Sembako Stabil

MUSI RAWAS – Menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2019, harga bahan kebutuhan pokok di Pasar B Srikaton Kecamatan Tugumulyo masih stabil. Sementara pasokan komoditas pangan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat tetap terjaga serta aman dan lancar.

Serly (34) seorang pedagang cabai di Pasar B Srikaton mengatakan, saat ini beberapa komoditas pangan yang cenderung turun, seperti cabai rawit, keriting, maupun cabai besar. Di mana sebelumnya harga cabai di pasar tradisional tersebut, cabai rawit dan keriting Rp34 ribu per kg turun menjadi Rp33 per kg dari pekan lalu.

ia menjelaskan harga sembako stabil karena pasokan ke pasar lancar dan banyak. Karena itu, stabilitas harga bahan terjaga. Seperti wortel dan tomat, harga sekarang Rp9 ribu hingga Rp11 ribu per kg.

Sedangkan untuk bawang merah, Rp34 ribu per kg dan bawang putih Rp28 ribu per kg. Sementara harga beras kualitas medium saat ini, rata-rata Rp10 ribu per kg hingga Rp11 per kg.

“Alhamdulillah kalau harga masih stabil, tetapi saat ini pembeli sepi,” kata Sely saat dibincangi koran ini di lapaknya, Minggu (23/12).

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mura, Hj Nurhasanah Yoesoef mengatakan mengenai kenaikan harga sembako menjelang Natal dan Tahun Baru. saat ini hasil pantauan di lapangan masih tetap stabil, bahkan sebagian malah mengalami penurunan.

Untuk sayuran fluktuatif, karena ada sebagian petani di Mura ini yang menghasilkan sayuran. Jadi mereka bisa menutupi, walaupun hari ini naik besok belum tentu naik, malah bisa turun karena fluktuatif.

“Nah, untuk daging stabil, ayam naik Rp2.000 perkilo dan telur Rp1.000 perkilonya,” katanya. (dlt)

Rekomendasi Berita