oleh

Harga Sembako Mulai Naik

LINGGAU POS ONLINE, TUGUMULYO – Menyambut Natal dan Tahun Baru harga kebutuhan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) di Pasar Tradisional B Srikaton, naik.

Sembako yang mengalami kenaikan antara lain tepung terigu dari harga Rp 7.500 menjadi Rp 8.000 per Kg, telur biasa Rp 1.250 per butir Rp 1.500 per butir. Lalu harga gula normal menjadi Rp 12.000 per Kg.

Kenaikan harga itu dibenarkan sejumlah pedagang. Salah seorang pedagang, Turi di Pasar B Srikaton Kecamatan Tugumulyo menyatakan, memang ada beberapa harga Sembako yang naik.

“Tapi sudah biasa kalau mau Natal dan Tahun Baru,” sebut Turi (56) saat ditemui Linggau Pos Selasa (26/12).

Menurut Turi, menjelang Natal dan Tahun Baru memang sering terjadi kenaikan harga, seperti telur ayam dan gandum. Meski harga bahan pokok sebagian naik, tetapi pembeli juga tidak terlalu banyak yang datang ke kiosnya.

“Paling seperti harga telur dari sebelumnya per butir Rp 1.250 sekarang naik Rp 1.500. Sebagai pedagang harus pandai di mana kita menerima keuntungan sedikit tidak apa-apa yang penting barang yang kita jual laku,” jelas Turi.

Walaupun harga naik, ia menyikapi dengan biasa, karena itu memang biasa terjadi. Tapi ia berharap jangan sampai harga terlalu tinggi.

Sementara itu, Yanto (30) salah seorang pedagang beras mengatakan tidak ada kenaikan untuk harga beras, hingga saat ini.

“Harga beras tidak naik. Sekarang harga beras dari Rp 8.000 per Kg jenis biasa, sedangkan IR 64 dihargai Rp 10.000 per Kg. Tidak naik,” katanya.

Selain itu, menurut dia, kebutuhan beras saat natal dan tahun baru tidak lebih banyak dari pada saat lebaran, namun walau begitu ia berharap dengan kondisi cuaca yang tidak menentu ini tidak membuat pasokan beras berkurang.(19)

Komentar

Rekomendasi Berita