oleh

Harga Sembako Dapat Dikatakan Stabil

Mengulik Harga di Pasar Tradisional

Harga sembako dijual pedagang Pasar Tradisional Tebing Tinggi, masih stabil. Belum terjadi kenaikan yang signifikan hingga November ini, hanya saja beberapa sembako naik sekitar Rp 1 ribu hingga Rp 4 ribu.

Muhammad Iqbal Bakti, Tebing Tinggi

Informasi dihimpun, harga ayam masih normal, berkisar Rp 35 ribu per kilogram, telur mengalami kenaikan dari Rp 34 ribu per karpet menjadi Rp 37 ribu. Harga minyak goreng, stabil berkisar Rp 12 ribu.

Sedangkan harga beras tergantung merek dan kualitas, untuk beras jenis IR, sebelumnya Rp 8,5 ribu per kilogram, kini sudah lebih dari Rp 9 ribu per kilogram. Beras merek JM dari Rp 9.500 naik menjadi Rp 10.500, beras bermerek C4, sebelumnya Rp 7.500 naik Rp 8.000.

Salah seorang pedagang, Har mengatakan, kenaikan harga beras ini sudah berlangsung sejak sekitar dua minggu terakhir, akibat berkurangnya pasokan di pasaran. Kenaikan seperti ini, biasa terjadi pada akhir tahun. Namun pada tahun ini kondisi kenaikan terbilang cukup cepat dibandingkan tahun lalu.

“Biasanya, harga beras akan kembali turun pada bulan Februari. Kalau sekarang, kemungkinan penurunan harga beras itu tidak akan terjadi. Malahan, akan kembali naik lagi,” jelasnya.

Sementara, Devi seorang ibu rumah tangga di Tebing Tinggi, berharap ada kebijakan pemerintah untuk segera menekan kenaikan harga beras, khususnya di Kabupaten Empat Lawang. Sebab kondisi penghasilan warga yang pas-pasan, ditambah harga beras yang naik tentu memberatkan.

“Saat ini, perbandingan beras satu kilogram dengan karet itu lebih dari satu berbanding dua. Satu kilogram beras, sama dengan dua kilogram karet,” akunya.

Kadisperindag Kabupaten Empat Lawang, Rudianto mengaku harga sembako tidak ada yang mengalami kenaikan signifikan. Hanya ada beberapa yang mengalami kenaikan namun berkisar Rp 1 ribu sampai Rp 2 ribu.

“Harga di pasar masih stabil, belum ada yang mengalami kenaikan signifikan,” ujarnya.

Stok beras, kata Rudi, masih aman. Sebab di daerah Kecamatan Pasemah Air Keruh (Paiker), Muara Pinang, Pendopo, Lintang Kanan merupakan daerah lumbung beras. Namun pihaknya akan mengecek ke lapangan untuk memastikan stok beras dan harga di pasaran. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita