oleh

Harga Sayur di Rejang Lebong Naik

LINGGAU POS ONLINE- Kemarau panjang, membuat sejumlah petani sayur kewalahan. Sebagian besar tunda menanam dan lambat panen. Karena ketersediaan air tak menentu.

Hal itu berakibat pada kenaikan harga komoditi sayur, khususnya di pasaran. Seperti buncis yang biasa dijual dengan harga Rp7.000 per kg saat ini sudah mencapai Rp18.000 per kg. Lalu Wortel yang sebelumnya hanya Rp4.000 per kg jadi Rp7.000 per kg.

“Yang masih murah kalau di pasar hanya tomat, Rp3.000 per kg,” tutur Riko (32) warga Kelurahan Talang Rimbo Lama Curup Tengah, Selasa (8/10).

Menurut Riko, tingginya harga sayur diprediksi lantaran petani banyak yang belum panen.

Senada disampaikan Santi (37), selain buncis dan wortel, harga sayur yang mengalami kenaikan seperti kacang panjang yang saat ini dijual dengan harga Rp12.000 per kg, kemudian kol bulat Rp5.000 per kg, kembang kol Rp10.000/kg, dan timun Rp5.000/kg.

“Kalau cabai merah sekarang di pasaran harganya Rp35.000 per kg. Sementara cabai rawit Rp40.000 per kg,” ungkapnya.

Sementara itu, menurut Riski (29) petani sayur warga Desa Suban Ayam, Kecamatan Selupu Rejang, kenaikan harga sayur diprediksi karena banyak petani yang belum panen disebabkan karena musim kemarau.

“Pas kemarau kemarin banyak yang belum menanam, jadi kemungkinan sayuran langka, mungkin beberapa bulan lagi petani mulai banyak panen dan diprediksi harga kembali normal,” ungkapnya. Laporan Syamsul Ma’arif

Rekomendasi Berita