oleh

Harga Sawit Naik, Karet Tak Menentu

LINGGAU POS ONLINE, LAHAT – Petani kelapa sawit sedikit sumringah, lantaran sebulan terakhir harga Tandan Buah Segar (TBS) Kelapa Sawit, terus membaik. Sebelumnya harga berada di bawah Rp 1.000 per Kilogram (Kg), saat ini sudah berada pada angka Rp 1.100. Namun berbanding terbalik dengan harga karet, yang tak menentu.

“Tergantung lokasi kebun, karena biaya angkut. Paling tinggi Rp 1.100,” kata Raharja, Toke TBS Kelapa Sawit di Desa Suka Makmur, Kecamatan Gumay Talang, Lahat. Namun kualitas TBS juga ikut me nentuke harga. Untuk kualitas A, harga Rp 1.100 per Kg, sedangkan kualitas B hanya Rp 1.000.

Kenaikan harga juga cukup membuat petani tersenyum. Sebab hasil panen dalam keadaan normal. Menurut Raharja, saat ini TBS yang dihasilkan 1,5 ton per Ha, dengan harga terus merangkak naik.

“Sekitar sebulan lagi panen akan berkurang. Saat ini harga pabrik mencapai Rp 1.700 per Kg,” jelas Raharja.

Di sisi lain, harga getah karet masih berada di posisi Rp 5.000 hingga Rp 6.000 per Kg. Harga itu sudah bertahan cukup lama, meski sempat mengalami kenaikan mencapai Rp 8.000 per Kg, selama sepekan.

“Itu harga karet mingguan, makanya banyak petani yang membiarkan kebun karet tidak disadap. Tidak balik biaya operasional,” kata Yuslan, petani karet di Kecamatan Gumay Ulu. (02)

Komentar

Rekomendasi Berita