oleh

Harga Sawit Anjlok Rp 750 Per Kg

Adi, Pengepul Buah Sawit
“Harga beli ditingkat petani tersebut tidak menutup kemungkinan dalam beberapa hari kedepan turun lagi, di karenakan buah yang ada di tingkat pengepul sedang menumpuk….”

LINGGAU POS ONLINE, EMPAT LAWANG – Petani Kelapa Sawit di Kabupaten Empat Lawang mengeluhkan anjloknya harga jual buah kelapa sawit di tingkat petani. Seperti yang terjadi di Kecamatan Tebing Tinggi, harga sawit hanya Rp 750 per Kilogram (Kg).

Harga tersebut sangat tidak berimbang dengan harga kebutuhan-kebutuhan Sembilan Bahan Pokok (Sembako) yang ada di pasar seperti beras, telur serta sayur-mayur.

Sementara masyarakat Kabupaten Empat Lawang mayoritas adalah petani kelapa sawit.

“Harapan kami kepada pemerintah untuk bisa menstabilkan harga buah kelapa sawit. Naikkan harga jual karet, harga kopi dan harga sawit, kami tidak minta bantuan – bantuan cukup dengan menstabilkan harga masyarakat akan sejahtera,” terang salah seorang petani kelapa sawit, Mus saat dibincangi setelah menjual hasil kebunnya, Minggu (9/9).

Senada dengan Adi, salah satu pengepul buah Kelapa Sawit di Kecamatan Tebing Tinggi mengatakan anjloknya harga beli buah yang akan dijadikan minyak goreng tersebut adalah ditutupnya salah satu pabrik yang menjadi tempat ia menjual kembali hasil buah masyarakat tersebut.

“Harga turun ini baru seminggu yang lalu. Sebelumnya kami membeli sawit ditingkat petani dengan harga Rp 800 – Rp 900 per Kg. Tapi sekarang sudah turun lagi menjadi Rp 750 per Kg. Karena selama ini tempat kami menjualnya ialah PT SAS dan PT KIS. Tapi sekarang PT SAS yang ada di Kabupaten Mura sudah tutup,” jelasnya.

Dikatakannya, para pelanggan yang biasa menjual buah sawit sekarang sudah banyak yang mengeluhkan harga tersebut.

“Rata-rata pelanggan mengeluh ke kami, tapi mau bagaimana lagi harga yang kami terapkan ini sesuai dengan harga jual di pabrik. Sekarang kami hanya bisa membeli buah yang benar-benar masak dan tidak menerima buah yang belum matang sempurna,” jelasnya.

Menurutnya, harga beli ditingkat petani tersebut tidak menutup kemungkinan dalam beberapa hari kedepan turun lagi, dikarenakan buah yang ada di tingkat pengepul sedang menumpuk.

“Dalam beberapa hari ke depan bisa saja harga buah sawit menurun lagi, tergantung dengan daya beli pabrik,” jelasnya (cw02)

Rekomendasi Berita