oleh

Harga Pangan Mulai Naik

LUBUKLINGGAU – Harga bahan pangan, seperti ayam, telur, bawang, dan cabai mulai naik. Kenaikan harga sudah terjadi sepekan ini. Hal itu diduga disebabkan keterlambatan pasokan, ditambah banyaknya permintaan. Jelas Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Kota Lubuklinggau, Hidayat Zaini saat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di Pasar Inpres, Rabu (19/12).

Dari pantauan Linggau Pos di lokasi Sidak, harga daging ayam broiler yang tadinya Rp30 ribu per Kg, kini naik jadi Rp34 ribu per Kg. Cabai tadinya Rp20 ribu per Kg, naik menjadi Rp24 ribu per Kg. Lalu telur ayam yang tadinya Rp1.500 per butir, jadi Rp2.000 per butir.

Meski begitu, Hidayat Zaini menyebut kenaikan harga bahan pangan masih stabil Rp1.000 sampai Rp1.500 per item.

Sidak bersama tim dari Pertamina, Bulog, Hiswana Migas, Kepolisian, dan Dandim 0406 juga menyisir SPBU Lubuk Tanjung dan Distributor Gas Kelingi Jaya.

***Marak Antrean BBM

Ketua Tim Migas, Hasan Andrian yang melakukan Sidak ke SPBU Lubuk Tanjung menemukan banyaknya kendaraan antre.

“Banyaknya antrean disebabkan keterlambatan pasokan. Selain itu, permasalahannya sebelum masuk BBM mobil dan motor sudah antre lebih dulu,” jelasnya.

SPBU Lubuk Tanjung ini mengajukan penerimaan BBM 16 KL (kilo liter). Namun karena tangki penampungan hanya bisa memuat 8 KL. Makanya dipasok dua kali, pukul 07.00 WIB 8 KL dan pukul 14.00 8 KL.

Sementara Sales Representatif PT, Indra mengatakan untuk stok BBM akhir tahun aman.

“Khusus malam tahun baru SPBU akan buka 24 jam,” jelasnya.

Sementara itu Kepala Bulog Lubuklinggau, Meizarani mengatakan untuk menyambut Natal dan Tahun Baru 2019 kita sediakan stok beras 1000 ton, gula 210 ton, dan daging 3 ton.

Pada kesempatan yang sama Ketua Hiswana Migas, Winasta mengingatkan agar seluruh konsumen membeli Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3 Kg di pangkalan, untuk menghindari lonjakan harga. (adi)

Rekomendasi Berita