oleh

Harga Naik 20%

OWNER Usaha Ternak Kambing dan Sapi Barokah, Mas Asri mengatakan untuk Idul Adha 1440 Hijriah ini, ia menyiapkan 200 ekor kambing dan 6 ekor sapi.

“Biasanya jumlah segitu habis. Tahun lalu, sapinya sampai 10 ekor yang kami siapkan,” jelas bapak yang membuka usahanya di Kelurahan Tanah Periuk, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II ini, Selasa (16/7).

Kambing dan sapi yang diternak dan dijual Asri mayoritas didatangkan dari Lampung. Usaha yang digeluti sejak 2002  itu sampai kini tergolong menjanjikan.

Khusus harga, kambing untuk kurban mulai Rp2 juta sampai Rp4 juta jenisnya Kambing Etawa, Domba dan Kambing Jawa.

Sedangkan sapi dari berat 60 kg harga Rp12 juta, berat 70 kg harga Rp13 juta, berat 80 kg harga Rp14 juta, berat 90 kg harga Rp15 juta dan berat 100 kg harga Rp16 juta. Jenis sapi yang dijual adalah Sapi Bali.

Asri mengatakan, harga kambing dan sapi tahun ini naik 20 persen dari tahun sebelumnya karena ongkos pengiriman mahal dan stok tidak terlalu sangat sedikit ditambah lagi kebutuhan akan kambing dan sapi kurban semakin meningkat setiap tahunnya.

“Untuk sekarang sudah banyak yang memesan kambing sekitar 20 orang. Sedangkan sapi belum ada. Pembelinya selain dari Kota Lubuklinggau ada juga dari luar daerah seperti Muratara, Musi Rawas, dan Tebing Tinggi,” jelasnya. (adi)

Rekomendasi Berita