oleh

Harga Mahal Panen Kopi Berkurang

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Meskipun sekarang harga komoditi jenis kopi tengah mengalami kenaikan. Tapi sejumlah petani mengeluh. Karena hasil produksi kopinya menurun drastis.

“Musim sekarang memang sedikit mas, karena hasil buah selang,” kata Teti (45) petani yang memiliki kebun di kawasan Kecamatan Bermani Ulu.

Menurut Neti, saat ini harga kopi dikabarkan sudah mencapai Rp 23.000 sampai Rp 25.000 per Kg.

“Katanya harganya sampai Rp 25.000 per Kg, tapi buahnya sedikit mas, karena sekarang yang dipanen buah selang,” tuturnya.

Senada disampaikan, Rozak (61) petani yang memiliki kebun di kawasan Kecamatan Sindang Dataran. Ia mengaku, memang hasil panen kopi kali ini menurun.

“Biasanya mas meskipun buah selang hasilnya agak banyak, kalau sekarang sedikiti,” katanya.

Bahkan, ada petani yang memiliki kebun kopi seluas sekitar satu hektar hanya mendapatkan buah seberat 250 Kg sampai 300 Kg.

“Mungkin pengaruh cuaca mas, buahnya jadi berkurang, bisanya kalau normal untuk buah selang satu hektarnya bisa sampai 500 Kg lebih,” katanya.

Menurut Rozak, musim panen kopi saat ini susah untuk diprediksi hasilnya.

“Kalau memang tanamannya dirawat selalu bersih dari gangguan gulma, cuacanya bagus bisa dapat berlimpah, kalau jarang dirawat, cuacanya kurang bagus buahnya sangat turun,” katanya

Soal harga kopi sendiri, katanya, memang saat ini masih di atas Rp 22.000 per Kg.

“Kalau jual beberapa hari lalu masih di atas Rp 20 ribu per Kg mas,” tambahnya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita