oleh

Harga Kebutuhan Pokok Stabil

LINGGAU POS ONLINE, TUGUMULYO – Pasca satu bulan perayaan Idul Fitri 1439 Hijriah, kebutuhan bahan pokok, seperti cabai dan bawang kembali stabil. Kestabilan harga ini dapat dilihat di Pasar B Srikaton, Kecamatan Tugumulyo dengan dagangan dijual para pedagang.

Sama halnya dengan tahun lalu, harga kebutuhan bahan pokok sebulan setelah ldul Fitri, harganya normal. Seperti cabai merah sebelumnya Rp 50 ribu per Kg, sekarang Rp 30 Ribu per Kg, cabai rawit sebelumnya Rp 60 ribu Kg sekarang Rp 28 ribu per Kg.

Demikian juga harga bawang merah biasanya tembus Rp 35 ribu per Kg sekarang Rp 22 ribu per Kg, dan bawang putih sebelumnya Rp 40 ribu per Kg sekarang Rp 25 ribu per Kg.

“Harga bahan pokok ini menurun dimulai sejak dua minggu terakhir. Alhamdulillah pembeli mulai ramai,” kata Ros (34) pedagang Pasar B Srikaton, Jumat (6/7).

Ros menyebutkan untuk bahan pokok dijual juga diambil dari Curup, dan sebagian dari Kecamatan Tugumulyo. Seperti cabai merah dan cabai rawit.

“Sekarang ini pendapatan saya sehari normal, tidak terlalu sepi pembeli. Dalam sehari berkisar Rp 300-500 ribu,” jelas dia.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disprindag) Kabupaten Mura, Hj Nurhasanah Yosoef mengatakan, bahwa pihaknya bersama tim beberapa bulan lalu telah melakukan sidak ke sejumlah pasar tradisional.

Baik Pasar B Srikaton, Pasar Megang Sakti, dan Pasar Muara Beliti. Sebagai pengawasan guna memastikan kondisi harga kebutuhan bahan pokok.

“Dari hasil pengawasan kita. Semuanya, baik dari ketersediaan (stok) dari pada kebutuhan pangan, maupun kebutuhan pokok lainnya aman,” jelas Nurhasanah Yosoef.

Ia meneruskan hanya saja ada beberapa kebutuhan seperti cabai dan bawang mengalami kenaikan harga. Tapi, kalau dari laporan sekarang semua harga telah kembali stabil. (04)

Rekomendasi Berita