oleh

Harga Karet Bisa Tembus Rp 15 Ribu

Kepala Disbun Musi Rawas, Ir Subardi

“Di Musi Rawas, banyak petani karet mengeluh, harga karet tidak naik-naik. Bahkan cenderung turun. Saya tegaskan sekali lagi. Itu tidak terlepas dari buruknya kualitas karet produksi petani kita….”

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – Sesungguhnya harga karet di Kabupaten Musi Rawas bisa tembus pada angka Rp 15 ribu per Kilogram (Kg). Asal karet tersebut bersih dan kering. Hal ini dijelaskan Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Kabupaten Musi Rawas, Ir Subardi, Jumat (22/12).

Namun, jika kualitas karet hanya 60 % harga jual per Kg-nya hanya kisaran Rp 10 ribu. Bahkan jika di bawah 60 % harga makin anjlok.

“Di Musi Rawas, banyak petani karet mengeluh, harga karet tidak naik-naik. Bahkan cenderung turun. Saya tegaskan sekali lagi. Itu tidak terlepas dari buruknya kualitas karet produksi petani kita. Maka dari itu, yuk kita benahi,” ajak Ir Subardi.

Dinas Perkebunan Musi Rawas terus berupaya menjalin kerja sama dengan PT Bumi Beliti Abadi. Agar karet yang diproduksi masyarakat bisa dibeli dengan harga tinggi.

“Kita sadar petani saat ini sangat bergantung dengan hasil perkebunan. Namun, memang untuk memiliki hasil perkebunan yang berkualitas membutuhkan strategi yang baik dari masyarakat. Karena hampir 31 % pembangunan daerah ini berasal dari sektor perkebunan, artinya yang menyumbang untuk pembangunan daerah berasal dari sana,” imbuhnya.

Tidak hanya itu saja, Musi Rawas secara nasional tingkat kesejahteraannya cukup baik. Hal ini diukur langsung dari nilai tukar petani.

“Kalau diukur dari nilai tukar petani, kita di atas nasional, sehingga kita bisa dikategorikan sejahtera, hanya saja kecepatan pertumbuhan nilai tukar usaha perkebunan kalah cepat jika dibandingkan dengan gaya konsumsi masyarakat,” tegasnya.

Jadi, Ir Subardi mencatat yang masih harus jadi perhatian, pola konsumtif masyarakat.

“Kebanyakan, hasil perkebunan kita lebih banyak dihabiskan oleh masyarakat untuk konsumsi sehari-hari,” tandasnya. (12)

Komentar

Rekomendasi Berita