oleh

Harga Elektronik Mulai Naik

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Melemahnya harga rupiah terhadap dolar dalam beberapa pekan terakhir ini. Mulai berdampak pada harga alat elektronik di Kota Lubuklinggau.

Owner BNJ Elektronik, Rozani melalui karyawan Paulina, mengatakan harga beli dari distributor terhadap elektronik beberapa hari ini mulai naik. Baik merek Sharp, Panasonic, Polytron, Aqua, LG dan merek lainnya.

Kenaikan harga elektronik juga dipicu oleh tingginya biaya operasional yang harus dikeluarkan para pengusaha elektronik. Kenaikan biaya itu pun dikenakan ke harga produk, hingga menyebabkan kenaikan harga, mulai dari tingkat distributor serta konsumen.

Kenaikan harga alat elektronik berkisar Rp50 ribu, untuk mesin cuci, AC, TV LED, Dinpenser, dan Kulkas. Sedangkan alat elektronik lainnya kenaikan berkisar Rp 20 ribu.

Kenaikan elektronik mulai terasa sejak 1 September, ada kemungkinan akan naik lagi tergantung harga rupiah terhadap dolar. Pasalnya peralatan elektronik, baik secara utuh maupun komponen-komponenanya masih impor. Baik dari Jepang, Cina, Korea dan negara lainnya

Tidak hanya produk-produk elektronik yang naik tetapi harga peralatan listrik juga ikut naik. Paulina berharap semoga pemerintah bisa menurunkan harga dolar terhadap rupiah sehingga tidak berpengaruh pada pendapatan dan pengeluaran masyarakat.

Apalagi penjualan elektronik sekarang semakin berkurang, karena pendapatan masyarakat masyarakat turun, karena turunnya harga karet dan sawit.(adi)

Rekomendasi Berita