oleh

Harga Daging Ayam Naik

LINGGAU POS ONLINE, MURATARA – Menjelang Bulan Suci Ramadhan 1439 Hijriah, harga daging ayam broiler naik Rp 5.000 hingga Rp 7.000 dari biasanya. Itu terjadi merata di Pasar Tradisional Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara).

Harga daging ayam broiler sebelumnya Rp 30.000, pekan ini melonjak jadi Rp. 35 ribu per kg. Salah seorang pedagang ayam potong keliling, Misi (35) mengatakan, kenaikan harga daging ayam broiler ini sudah terjadi semenjak dua minggu terakhir.

“Semenjak memasuki Bulan Ruwah (Syaban 1439 H) harga daging ayam terus naik, sebelumnya dari harga Rp 28.000 terus naik, sampai Rp 35 ribu, ” kata Misi, kemarin.

Dirinya menduga, kenaikan harga daging ayam potong ini mungkin akibat kurangnya pasokan dari distributor. Di sisi lain, permintaan dari pembeli mengalami peningkatan mengingat menjelang Ramadhan.

“Pasokan daging mengurang, sementara permintaan ayam meningkat, dalam beberapa hari terakhir ini, mungkin itulah harga menjadi naik,” duganya.

Lebih lanjut ditambahkannya, dengan kenaikan harga ayam potong omset penjualan menjadi menurun karena yang biasa pembeli bahkan setiap hari,;sekarang jarang.

“Seperti tahun-tahun sebelumnya, kenaikan daging ayam potong ini akan terus berlanjut hingga memasuki bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri,” beber dia.

Semenara itu, Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara), H Syamsu Anwar melalui Kepala Bidang Perdagangan, Fahrurrozi mengatakan berdasarkan informasi di lapangan untuk kenaikan harga seperti ayam broiler memang sudah terjadi karena disebabkan menjelang Bulan Ramadhan, permintaan meningkat.

Oleh karena itu, dalam waktu dekat juga pihaknya akan turun ke pasar untuk memantau langsung beberapa bahan pokok, mengingat tidak lama lagi akan memasuki Ramadhan.

“Kita akan turun mengecek harga-harga beberapa pangan pokok, termasuk daging ayam broiler. Kalau biasanya memang ada kenaikan tapi ada batas standar Harga Eceran Tertinggi atau HET, seperti ayam potong atau ras Rp 32 ribu per Kg-nya,”terang dia.(12)

Rekomendasi Berita