oleh

Harga Cabai Rp70 Ribu

LINGGAU POS ONLINE – Beberapa hari terakhir harga cabai merah naik signifikan, berdasarkan pantauan Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagrin) Kota Lubuklinggau tiga hari terakhir. Harga cabai mencapai Rp70 ribu per kg, padahal normalnya berkisar Rp30 ribu hingga Rp40 ribu per kg.

Empat pasar tradisional yang didatangi Disdagrin Kota Lubuklinggau menjual harga cabai berbeda, berkisar Rp68.000 hingga Rp70 ribu per kg. Kepala Disdagrin Kota Lubuklinggau, H M Hidayat Zaini kepada Linggau Pos, Kamis (3/7) mengatakan kenaikan signifikan ini disebabkan oleh stok cabai merah yang sedikit.

Menurut Hidayat Zaini, ada beberapa petani yang belum panen cabai merah, kondisi ini memengaruhi stok cabai merah di pasar.

“Kalau stok normal dipastikan harga kembali normal,” tegas Hidayat Zaini.

Ditambahkan Hidayat Zaini, Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau tidak bisa mengontrol harga cabai di pasar mengingat cabai salah satu komoditi yang harganya tergantung permintaan pasar dan stok. Diakui Hidayat Zaini, sebelumnya pemerintah sudah memiliki solusi kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan cabai, salah satunya dengan memanfaatkan perkarangan rumah dengan menanam cabai.

“Kemarin sudah ada program pembagian bibit cabai untuk ditanam di perkarangan, kalau hal itu diterapkan tentunya kenaikan harga cabai tidak terlalu membebankan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan cabai,” ungkap Hidayat Zaini.(nia)

Rekomendasi Berita