oleh

Harga Cabai Masih Tinggi

LINGGAU POS ONLINE – Harga Cabai merah kualitas bagus saat ini masih cukup tinggi, yakni kisaran Rp45.000 hingga Rp50.000 per kg. Masih tingginya harga jual cabai merah ini dimungkinkan karena sedikitnya hasil panen petani cabai pada petani setempat.

“Kalau untuk eceran Rp50.000, tergantung kualitasnya, biasanya kalau yang Rp50.000 per kg, kita pilih sendiri,” kata Lestari (56) ibu rumah tangga warga Desa Air Meles Bawah Curup Timur, Minggu (8/9).

Menurut Lestari, kebutuhan cabai merah untuk kalangan IRT rutin dikonsumsi mengingat cabai merupakan salah satu bumbu dapur yang di olah setiap hari.

“Kalau nggak ada cabai ada yang kurang dalam masakan sepertinya tidak lengkap,” ungkapnya.

Berbeda dengan cabai rawit.

“Kalau cabai rawit sekali beli bisa untuk seminggu lebih, kalau cabai merah hampir 4 hari sekali beli karena kalau belinya banyak lama tidak digunakan bisa busuk,” tambahnya.

Untuk harga cabai rawit, sambungnya, di kisaran Rp30.000-Rp35.000 per kg. Sementara itu, Pendi (40) salah satu petani di kawasan Karang Jaya Selupu Rejang mengungkapkannya, saat ini tak banyak kalangan petani yang menanam cabai merah karena kondisi masih kemarau.

“Kalau yang tanam mungkin bisa dihitung, karena untuk bercocok tanam butuh asupan air banyak, kalau sekarang masih musim kemarau,” paparnya.

Kalaupun bercocok tanam pada musim kemarau ini, sambungnya, banyak dilakukan kalangan petani yang berada di bibir sungai yang akses mengambil air untuk menyiram lahan untuk bercocok tanam lebih mudah ataupun yang menggunakan mesin penyedot untuk menyiram lahan.

“Kalau prediksi saya, harga cabai masih tetap tinggi karena tak banyak petani yang panen cabai saat ini,” tuturnya.

Laporan Syamsul Ma’arif

Rekomendasi Berita