oleh

Harga Buah Naga Rp15 Ribu Per Kg

KAYUARA – Harga buah naga anjlok di sejumlah wilayah Pulau Jawa. Bahkan ada yang menyentuh Rp5 ribu per Kg. Namun di Kota Lubuklinggau, meski harga buah naga turun, namun tak signifikan.

Penjual buah di Pasar Mambo, Tutik mengakui harga buah naga (Hylocereus Polyrhizus) turun. Biasanya Rp25 ribu per kg dan kini Rp15 ribu per kg.

Sementara Owner Perkebunan Buah Naga di Kota Lubuklinggau, Awu melalui seorang karyawannya Ujang mengatakan harga buah naga yang dijualnya tetap Rp25 ribu per kg.

Kebun yang dibuka sejak 2013 itu ditanami 200 batang buah naga di lahan seluas 2 hektare. Dalam satu bulan, ia mampu menjual 100 kg lebih buah Naga.

Ujang mengatakan buah naga di sini lebih mahal karena buahnya masih segar dan pengolahan buah naganya menggunakan pupuk organik/kandang. Sedangkan yang di jual di pasar tampak layu karena buahnya berasal dari luar daerah.

Menurut Ujang harga buah naga di Jawa lebih murah, kemungkinan karena permintaan minim, sementara stok buah naga melimpah. Sehingga terpaksa jual murah dari biasa.(adi)

Rekomendasi Berita