oleh

Haram Sebar Berita Bohong

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Kemarin (9/2) Presiden Republik Indonesia, Ir Joko Widodo hadir turut memperingati Hari Pers Nasional (HPN) di Padang, Sumatera Barat.

Kaitannya dengan momen itu, pers era kekinian memiliki tantangan besar. Untuk tetap konsisten dan tak nekat menyebar berita hoaks.

Penting diketahui, kata ‘hoaks’ dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ‘berita bohong.’ Dalam Oxford English dictionary, ‘hoax’ didefinisikan sebagai ‘malicious deception’ atau ‘kebohongan yang dibuat dengan tujuan jahat’. ‘Hoax’ atau ‘fake news’ bukan sesuatu yang baru, dan sudah banyak beredar sejak Johannes Gutenberg menciptakan mesin cetak pada tahun 1439. Sebelum zaman internet, ‘hoax’ bahkan lebih berbahaya dari sekarang karena sulit untuk diverifikasi.

Jelang Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Lubuklinggau, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) meminta kepada insan pers untuk selektif dalam menyampaikan berita. Dengan tidak menyampaikan berita hoax atau bohong, yang dapat menyesatkan pembacanya, dan itu bisa berdampak negatif.

“Pers merupakan media informasi yang sangat dipercayai masyarakat. Jadi, di Pilkada ini, wartawan hendaknya menyaring setiap informasi yang diperoleh di lapangan, dengan melakukan cek dan ricek, sehingga yang didapat lengkap. Masyarakat, juga dapat pengetahuan yang utuh, tidak setengah-setengah,” kata Komisioner Panwaslu Kota Lubuklinggau, Bahusi, Jumat (8/2).

Sebab, dilanjutkan Bahusi, ketika informasi yang dihadirkan itu setengah-setengah, masyarakat akan salah persepsi dalam menelaah suatu kejadian. Sebab, setiap kejadian pasti ada sebab dan akibat, tidak tahu-tahu ada akibatnya saja.

“Contoh, kalau kita mendengar ceramah sepotong-sepotong, atau dipenggal-penggal. Pasti kita akan salah dalam menelaah informasi yang disampaikan, begitupun masyarakat. Apalagi, sampai saat ini wartawan dianggap selalu benar oleh masyarakat, dan informasi yang disampaikan akan langsung diterima mereka,” jelasnya.

Maka dari itu, dirinya mengimbau kepada pers untuk menyampaikan berita secara utuh, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dalam perhelatan Pilkada serentak 2018.

Terpisah, Kapolres Lubuklinggau, AKBP Sunandar mengungkapkan hal yang sama.

“Ini sangat penting dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, pers jangan menyampaikan berita bohong,” katanya.

Bahkan, dilanjutkannya, menyiapkan 35 personel di Jajaran Mapolres Lubuklinggau untuk menangkal informasi hoaks yang kemungkinan muncul saat Pilkada, terutama di media sosial.

“Personel sudah kita bekali, kalau ada yang menyebarkan berita bohong, fitnah atau mengandung sara di media sosial akan ditindak sesuai aturan yang berlaku, sesuai dengan tingkat kesalahannya,”jelasnya.

Maka dari itu, dirinya mengajak insan pers untuk bekerja sama dalam menjaga kondusifitas dalam perhelatan Pilkada, sebab pers merupakan pusat informasi yang sangat dipercaya masyarakat.

***Utama Motor Beri Kejutan

Menjalin kerjasama yang sudah cukup lama, di Hari Ulang Tahun (HUT) Linggau Pos ke-17 sekaligus perayaan HPN, CV Utama Motor Lubuklinggau sengaja membawa kue ke Graha Pena Linggau, sembari menyampaikan ucapan selamat.

Ini merupakan kali kedua CV Utama Motor mengucapkan selamat HUT Linggau Pos dan HPN.

Direktur PT Wahana Semesta Linggau, Solihin mengucapkan terima kasih atas apresiasi, kepedulian, simpati, serta perhatian CV Utama Motor terhadap pers.

“Mudah-mudahan apa yang dilakukan ini menjadi motivasi bagi kami dalam mengelola dan menyampaikan informasi yang benar, adil, dan bertanggung jawab,” kata Solihin, kemarin.

Solihin berharap dengan peringatan HUT Linggau Pos ke-17 ini, menjadikan Perusahaan yang Pertama dan Terbesar di Bumi Silampari ini tetap menjadi kebanggaan masyarakat.

Begitu juga dengan peringatan HPN, diharapkan kedepan pers lebih mandiri lagi.

“Mudah-mudahan kedepan CV Utama Motor betul-betul menjadi mitra yang baik, dalam mempromosikan usahanya. Kita ucapkan selamat dan sukses untuk CV Utama Motor Lubuklinggau,”ungkap Solihin.

Sementara itu, Manager Personalia dan Umum CV Utama Motor, Armusi didampingi Counter Sale, Melly Clara Aprilia mengatakan, dari hari ke hari produk Honda tetap mengalami peningkatan penjualan.

Bahkan, pada awal tahun 2018 saja, sudah lebih dari 300 unit motor yang terjual ke masyarakat, artinya ingin sudah mengalami peningkatan sebanyak 10 %.

“Memang yang pertama itu kita banyak promo, kemudian program Senada Senandung Cinta Honda, dan yang paling berpengaruh terhadap penjualan itu, adalah adanya peningkatan ekonomi masyarakat karena saat ini lapangan pekerjaan semakin meningkat, ASN juga ada sertifikasinya,” ungkapnya.

Bahkan, menurut Armusi untuk Honda Beat All Series saja mengalami pencapaian sebanyak 80 % dibandingkan dengan penjualan Honda Beat Matic. Kemudian, untuk Scoopy yang terbaru gayanya lebih stylist, irit dan injeksi.

“Kalo dulukan motor sport booming sekali, nah kalau sekarang itu lebih ke jenis motor injeksi, kemudian motor PCX, karena motor injeksi ini lebih irit bahan bakarnya,”ungkapnya.

Bahkan, CV Utama Motor juga menyediakan promo cashback sebanyak Rp 200 ribu hingga Rp 300 ribu dan ini sudah on the road.

“Kita juga untuk jaminan cash ada garansi mesin tiga tahun dan servis gratis selama satu tahun,”imbuhnya.

Tidak lupa, Masruri mengucapkan selamat ulang tahun untuk Harian Pagi Linggau Pos dan Selamat Hari Pers Nasional, semoga kedepan Linggau Pos lebih maju dan sukses dari tahun ke tahun.

“Kita dari CV Utama Motor akan selalu siap bekerja sama dengan Linggau Pos,” tutupnya. (11/12)

Rekomendasi Berita