oleh

Hanya Satu Outlet Dimanfaatkan

Sediakan Oleh-oleh Khas Lubuklinggau

LINGGAU POS ONLINE, ULAK SURUNG – Dari empat outlet yang tersedia di objek wisata Bukit Sulap di Kelurahan Ulak Surung, Kecamatan Lubuklinggau Utara II, saat ini hanya satu outlet yang dimanfaatkan. Outlet tersebut, dikelola oleh kelompok sadar wisata Bukit Sulap.

Hal ini, dibenarkan oleh Lurah Ulak Surung, Sukandar. Padahal ia menjelaskan, empat outlet tersebut disediakan menjadi alternatif lapangan pekerjaan, bagi kelompok sadar wisata di sana.

Sementara ia melanjutkan, berdirinya kelompok sadar wisata ini sejak tahun 2010. Mereka sebelumnya, dari pembuat batu lemper dari Bukit Sulap.

“Bukit Sulap saat ini menjadi salah satu objek wisata unggulan Kota Lubuklinggau, dan menjadi tujuan utama bagi wisatawan yang berkunjung ke Lubuklinggau. Dengan adanya kelompok ini secara tidak langsung, ikut memperkenalkan aset pariwisata kota dengan mengelola outlet yang ada,” ungkapnya.

Banyak ciri khas oleh-oleh Kota Lubuklinggau, yang ditawarkan di sana. Seperi batu lemper, kaos dengan gambar Bukit Sulap serta makanan khas Kota Lubuklinggau, seperti kopi Duren. Serta masih banyak kerajinan lainnya.

“Selaku Lurah, pembinaan menjadi salah satu upaya kita agar kelompok sadar wisata ini tetap semangat, meskipun sepi pembeli. Kita berikan motivasi serta solusi, upaya apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pengunjung ke sana. Karena namanya pengunjung kadang ada, kadang tidak. Meskipun, pemerintah terus mempercantik Bukit sulap dengan inclinator, dan gazebo untuk menarik wisatawan untuk berkunjung,” jelasnya.

Ia berharap, kelompok sadar wisata ini, dapat terus berkelanjutan dan berkembang.

“Serta dapat menjadi alternatif lapangan pekerjaan masyarakat yang belum memiliki pekerjaan. Karena secara tidak langsung mereka juga ikut menjaga keamanan objek wisata, serta menjaga keaslian dan kelestarian Bukit Sulap,” harapnya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita