oleh

Hanya Dapat Dilewati Kendaraan dengan Beban 8 Ton

Bupati Pantau Portal Penghalang Mobil Overtonase

LINGGAU POS ONLINE, MEGANG SAKTI – Bupati Musi Rawas (Mura), H Hendra Gunawan sangat memerhatikan sekali terjadinya kerusakan jalan kabupaten, disebabkan kendaraan melebihi kekuatan jalan (Overtonase).

Terbukti Bupati telah meninjau portal penghalang mobil overtonase yang dipasang pada Jalan Simpang Dangku, Kecamatan Megang Sakti dan Simpang Jatun, Kecamatan Muara Kelingi, Minggu (15/7).

Pemasangan portal ini dilaksanakan pada Sabtu (14/7) oleh Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Kabupaten Mura didampingi Dinas Perhubungan Kabupaten Mura, Sat Pol PP Mura disaksikan Kades setempat, Camat dan Kapolsek Muara Kelingi.

Informasi yang dihimpun, portal dipasang di Jalan Simpang Dangku Desa Megang Sakti II Kecamatan Megang Sakti menghubungkan ke Simpang Jatun Desa Mambang, Kecamatan Muara Kelingi hanya dapat dilewati kendaraan yang memiliki beban 8 ton. Atau tinggi kendaraan maksimal 2,47 meyet. Selain itu juga ada pemberitahuan yang menegaskan barang siapa yang merusak portal ini akan dikenakan sanksi pidana penjara selama 2 tahun dan atau denda Rp 50 juta berdasarkan Undang-Undang (UU) Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Pada kesempatan itu, Bupati didampingi Kades dan Camat serta unsur Tripika mengungkapkan alasan yang paling mendasar mengapa portal ini dipasang, karena untuk menyelamatkan infrastruktur jalan daerah yang dibangun dengan menggunakan APBD dapat di nikmati oleh seluruh lapisan masyarakat dan dapat bertahan dalam waktu lama.

Pasalnya selama ini, Pemda setiap tahun terus menganggarkan untuk infrastruktur jalan namun setelah ditingkatkan atau diperbaiki, tak lama jalan tersebut kembali mengalami kerusakan. Dari hasil pantauan dan laporan, kerusakan ini diakibatkan sebagian besar oleh kendaraan besar dan memiliki muatan yang melebihi kekuatan jalan.

Jika terus dibiarkan, kata Bupati maka persoalan jalan ini tidak pernah selesai dan anggaran daerah akan terus habis untuk bidang ini. Sementara ada sebagian daerah lainnya yang masih membutuhkan peningkatan jalan.

Untuk itu, kata Bupati pihaknya berinisiatif untuk melakukan pembatasan muatan kendaraan melalui portal ini, sehingga kepentingan seluruh masyarakat dapat terpenuhi.

“Kepada masyarakat yang memiliki usaha jual beli sawit atau perkebunan sawit diharapkan dapat mengangkut hasil buminya sesuai dengan kekuatan jalan. Sehingga jalan ini terus dapat dilalui dengan nyaman dan lancar,” ungkap Hendra Gunawan.(Rls/08)

Rekomendasi Berita