oleh

Hanya 14 Sanggar Seni Teregistrasi

“Kemungkinan registrasi sanggar seni masih dianggap belum perlu dilakukan, sehingga masih banyak kelompok seni yang belum melakukan Pendaftaran”

 Kepala Disbudpar Muratara, Titin Martini

LINGGAU POS ONLINE – Puluhan kelompok sanggar seni di Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) belum teregistrasi di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Muratara. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Disbudpar Muratara, Titin Martini, Kamis (22/8).

Padahal diungkapkan Titin sapaan akrabnya, pihaknya mendata ada 35 kelompok seni yang berada di Kabupaten Muratara, namun yang teregistrasi belum mencapai separuhnya.

“Yang terdaftar di Disbudpar hanya 14 sanggar seni saja,” ungkapnya

Dijelaskan Titin, pihaknya tidak dapat berbuat banyak sebab sampai saat ini pihaknya belum memiliki payung hukum yang dapat menjadi dasar mereka, untuk menekankan kelompok sanggar seni agar segera melakukan pendaftaran.

“Kemungkinan registrasi sanggar seni masih dianggap belum perlu dilakukan, sehingga masih banyak kelompok seni yang belum melakukan pendaftaran,” jelasnya

Dia menilai, saat ini masih banyaknya anggapan kelompok seni dapat berjalan sendiri tanpa harus terdaftar di instansi yang menaungi. Namun pemahaman ini tentu tidak seutuhnya akibat dari kurangnya kesadaran dari kelompok seni.

“Sampai saat ini kita belum memiliki payung hukum yang mengatur hal itu, seperti Peraturan Daerah (Perda) ataupun Peraturan Bupati (Perbub). Terkait hal ini hanya masih sebatas rencana saja, kalau secara tertulis memang belum pernah kita ajukan. Sempat kita obrolkan tapi belum ada tanggapan,” jelasnya.

Yang bisa dilakukan saat ini, memberi imbauan kepada kelompok seni tentang pentingnya registrasi tersebut.

“Kita hanya berupaya untuk menghimpun kelompok seni yang tumbuh dan berkembang di kabupaten ini, sehingga mereka sendiri dapat terayomi atau terlindungi. Untuk itu, melalui berbagai kesempatan kami selalu mengimbau, agar kelompok seni yang merasa belum terdaftar dapat segera mendaftarkan kelompok seninya demi tertib administrasi,” imbaunya. (*)

Laporan: Fahmilan Jadidi

Rekomendasi Berita