oleh

Hafiz Tohir : Desa Harus Produktif

MURATARA – Kesenjangan sosial masyarakat yang ada di desa lebih tinggi ketimbang masyarakat yang ada di kota, untuk memangkas itu bisa dilakukan dengan pemanfaatan Dana Desa (DD) dengan baik dan tepat sasaran.

“Pemanfaatan DD mesti diarahkan pada pengembangan produk unggulan desa dalam meningkatkan skala ekonomi berbasis teknologi dan inovasi. Setelah adanya peningkatan produktivitas produk unggulan pada skala ekonomi tertentu,” kata Hafisz Tohir (HT) Wakil Ketua Komisi XI DPR RI, saat melakukan kunjungan kerja ke Muratara, Kemarin (22/1).

Menurut politisi PAN tersebut dengan penggunaan yang tepat, industri pengolahan akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Sehingga, masyarakat pedesaan dapat memperoleh nilai tambah dan berdasarkan data yang diperolehnya setidaknya ada 1,8 juta unit industri kecil dan mikro yang beroperasi di desa.

“Tidak dapat dimungkiri tingginya angka kemiskinan di desa menjadi faktor pendorong gelombang urbanisasi,” ungkapnya.

Berdasarkan data, pada tahun 2010 lalu, persentase penduduk di desa mencapai 50,2 persen. Bila angka kemiskinan masih saja tinggi, proyeksi persentase penduduk di desa pada 2035 bisa di kisaran 33,4 persen dari total penduduk.

“Saat ini, hasil pemanfaatan DD itu bisa terlihat dari terbangunnya sejumlah infrastruktur di banyak desa, dari 2015 hingga saat ini setidaknya ada 158.619 kilometer jalan desa, telah dibangun,” jelasnya

Sebab, dengan infrastruktur yang baik maka perekonomian akan semakin bergerak membaik baik, serta jangka waktu tempuh antar satu wilayah semakin dekat. Otomatis, dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena memudahkan mereka untuk mengakut hasil pertanian. (rls/aku)

Rekomendasi Berita