oleh

Hafidz Quran Dalam Penjagaan Allah

H Moh Atiq Fahmi, Lc, Pimpinan Pesantren Modern Ar Risalah

“Saat anak usia 7 tahun, dia sudah bisa membedakan mana yang baik dan buruk, dan dapat menilai mana yang memberikan manfaat bagi dirinya. Akan tetapi untuk memperkenalkan Alquran kepada anak sebaiknya dimulai sejak usia dini…”

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI – Alquran itu keutuhannya dalam penjagaan Allah SWT maka orang yang menghafalnya akan berada dalam perlindungan Allah SWT. Tutur H Moh. Atiq Fahmi, Lc, saat diwawancara Linggau Pos, Rabu (30/5).

Pimpinan Pesantren Modern Ar Risalah itu menjabarkan, kaum muslim yang membaca Alquran dan mempelajari atapun mengajarkannya menjadi seseorang muslim yang terbaik diantar saudara-saudaranya. Apalagi untuk menghafal alquran, terus menyimpan ayat-ayat suci Alquran dalam ingatannya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, “Sesungguhnya orang yang paling utama diantara kalian adalah yang belajar Alquran dan mengajarkannya’.

Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempertahankan hafalan Alquran yang telah kita hafal ialah dengan menjaga diri dari maksiat. Kemudian dengan mengulang hafalan Alquran setiap hari, dengan bantuan orang lain ataupun sendiri. Serta melakukan hal-hal yang wajib dilakukan sebagai kaum muslim.

Alumni Al-Ahqaaf University itu menegaskan, bagi orang tua yang ingin dan sedang merintis anaknya menjadi penghafal Alquran, sebaiknya dimulai saat usia anak memasuki usia Tamyiz (mulai dari usia 7 tahun).

“Saat anak usia 7 tahun, dia sudah bisa membedakan mana yang baik dan buruk, dan dapat menilai mana yang memberikan manfaat bagi dirinya. Akan tetapi untuk memperkenalkan Alquran kepada anak sebaiknya dimulai sejak usia dini,” jelasnya.

Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya, ‘ Perintahkanlah anak-anakmu salat pada umur 7 tahun dan pukullah atas hal tersebut jika telah berumur 10 tahun, serta pisahkanlah mereka dari tempat tidurnya.’ (Mg01)

Rekomendasi Berita