oleh

H Ikhsan : Jangan Membenturkan Umat Islam

MURATARA– Agar tidak terjadi penyebaran fitnah dan hoaks dalam menyajikan berita, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) mengajak media sama-sama memerangi hoaks.

Kepala Kantor Kamenag Muratara, H Ikhsan Baijuri mengatakan, saat ini banyak beredar hoaks, yang mengadu domba umat Islam, apalagi saat ini tahun politik. Bahkan menurutnya, ada ceramah dai yang justru membenturkan antar umat Islam.

“Seorang dai bukan seperti seorang dai. Padahal seorang pendakwa semua ajakannya diikuti masyarakat. Tapi saat ini banyak dai yang ceramahnya dapat membenturkan umat,” katanya.

Selain itu, ia juga menjelaskan, mengenai masuknya Tabloid Indonesia Barokah dan Pesantren Kita di Muratara.

“Kami belum membaca isinya. Jika isinya baik maka tidak masalah. Namun bila mengandung ujaran kebencian, kami sangat mengecam, dan jangan diedarkan,” tegasnya.

Pasalnya jika terdapat ujaran kebencian akan memojokkan satu belah pihak, di dalam Alquran tegas mengatakan perbuatan tersebut haram.

“Dalam Surat Al-Hujarat ayat 6. Menjelaskan bahwa haram menyampaikan berita bohong, bahkan dalam berdakwah sekalipun” lanjutnya.(cw3)

Rekomendasi Berita