oleh

H-4 Lebaran, Arus Mudik Jalinsumteng Padat

LINGGAU POS ONLINE, MUSI RAWAS – H-4 menjelang hari raya Idul Fitri 2018, mulai dipadati kendaraan pemudik. Arus kendaraan berplat pribadi banyak melintasi Jalan lintas Sumatera Tengah (Jalinsumteng) Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan sekitarnya.

Pantauan Linggau Pos pukul 11.30 WIB, Selasa (12/6), kendaraan pemudik ditandai dengan nomor polisi luar daerah Sumsel. Sebagian pemudik menggunakan bagasi di bagian atap kendaraannya mulai memadati Jalinsum.

Mobil pemudik menuju Jambi banyak berplat nomor polisi dari Jakarta dan Pulau Jawa. Beberapa rumah makan yang berada di lintasan Jalinsumteng wilayah ini terlihat banyak disinggahi pemudik.

Seperti di Rumah Makan Roda Jaya di Jalinsumteng Desa Pedang, Kecamatan Muara Beliti, padat kendaraan berada di halaman parkir. Puluhan kendaraan dan truk serta bus memenuhi bagian depan rumah makan tersebut.

Hal sama terlihat di sejumlah SPBU berada di jalur Kecamatan Tugumulyo juga banyak disinggahi pemudik. Selain mengisi bahan bakar, para pemudik ini memanfaatkan rest area berada di SPBU untuk beristirahat.

Seorang pemudik Heryanto (34) dari Jakarta saat ditanya berada di RM Roda Jaya, Desa Pedang mengaku setiap tahun dirinya mudik dari Jakarta menuju Jambi. Ia mengaku saat ini sudah tiga malam menempuh perjalanan dengan mobil pribadinya.

“Sudah tiga malam saya menempuh perjalanan. Insya Allah malam nanti sampai di kota Jambi. Kami juga merasakan terbantu dengan petugas keamanan di lapangan yang sudah mengarahkan kami. Sehingga kita tidak kesulitan saat perjalanan,” papar Heryanto.

Ia menambahkan mudik tahun ini lumayan ramai dibandingkan tahun sebelumnya. Karena di setiap jalan tidak pernah sepi, pasti ada kendaraan yang melintasi.

“Ya, mudik tahun ini lumayan ramai, harus bersabar saat antrean. Karena sudah setiap tahun merasakan seperti ini,” ungkap Heryanto.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mura, Adi Winata mengatakan bahwa H-4 Hari Raya Idul Fitri 2018 arus mudik di Jalinsumteng sudah mengalami kepadatan cukup signifikan. Jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Adi sapaan akrabnya mengaku memang sudah ada peningkatan arus mudik, seperti beberapa titik jalan Provinsi di Desa Tanah Periuk, kemudian Pasar B Srikaton.

“Kami sudah menurunkan personel sebanyak delapan orang di setiap masing-masing pos. Mereka bertugas selama musim mudik ini. Ada juga jalur alternatif dari komplek Perkantoran Agropolitan Center tembus ke Desa C Nawangsasi. Sementara Posko, kita siapkan di Simpang Semambang, Terminal Terawas dan Terminal Muara Kelingi, Desa Simpang Gegas, dan Tugumulyo,” jelas Adi menghimbau kepada pemudik agar beristrahat jika sudah lelah.

“Jangan dipaksakan karena dapat berdampak dengan terjadinya kecelakaan lalu lintas,” tambahnya. (04)

Rekomendasi Berita