oleh

Gus Muwafiq Ajak Warga Lubukinggau Bersyukur

LINGGAU POS ONLINE – KH Muhammad Muwafiq atau yang biasa dipanggil Gus Muwafiq, mengajak warga Lubukinggau bersyukur. Hal ini diungkapkannya saat mengisi Ngaji Bareng di Pondok Pesantren Al Furqon, Minggu (22/9/2019).

Karena Lubukinggau yang jauh ini, masih kebagian Agama Islam. “Jauh dari Palembang, apalagi dari Mekkah tempat asalnya Rasulullah. Tapi masih kebagian Agama Islam,” ia mengatakan.

Karena itulah, ia kembali mengatakan, dahulukan wujud syukur. Syukuri segala nikmat yang diberikan Allah SWT.

Selain itu. Ia juga mengatakan bahwa manusia tidak bisa sempurna. “Kebaikan tidak bisa berdiri sendiri, maka tidak boleh mengaku paling baik. Siapa yang dianggap baik oleh Allah. Maka dikasih oleh Allah,” katanya.

Selanjutnya dai berambut gondrong ini, juga mengatakan kita menjadi seperti ini, bukan karena tiba-tiba.

“Karena Rasulullah orang Mekkah, di jaman tahun 600 an. Yang beruntung itu para sahabat, dan mereka yang ketemu sahabat yakni tabiin. Kemudian Islam yang sampai kepada kita, Islam yang disampaikan Ulama,” katanya.

“Kita ini, muridnya ulama. Ulamanya yang ada di Lubuklinggau. Makanya gayanya kita mengikuti ulama yang ada di Lubuklinggau,” ia mengatakan.

Karena itulah, ia mengatakan jangan saling menyalahkan. Sebab Agama Islam mengikuti perkembangan jaman.

Sementara itu, HA Wahyudin Pimpinan Pondok Pesantren Al Furqon mengatakan kegiatan yang dilaksanakan dua tahun sekali, dua tahun sebelumnya Gus Mus. Tahun ini, datang Gus Muwafiq.

Harus nunggu setahun, dan jemput Pulau Rimau Kabupaten Banyuasin. “Ketemu pukul 08.00 WIB. Kegiatan di sana ditunda di satu lokasi, karena keteknya terombang-ambing,” katanya.

Kegiatan ini sekalian peringatan tahun baru Islam dan haul meninggalnya orang tua HA Wahyudin. Serta 25 tahun, babat alas pembukaan Pesantren Al Furqon.(*)

Laporan Endang Kusmadi

Rekomendasi Berita