oleh

Guru SMP Xaverius Jadi Petugas Upacara

LINGGAU POS ONLINE, LUBUK AMAN – Kemarin (25/11), memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Persatuan Guru republik Indonesia (PGRI) ke-72 dan Hari Guru Nasional Tahun 2017, guru SMP Xaverius Lubuklinggau jadi petugas upacara.

Mereka adalah Petrus de Alkantara selaku Pembina Upacara, A Bowo Srimulat sebagai pemimpin upacara, Maria Noni sebagai protokol, FA. Sumantri sebagai pengatur upacara, Parulian Sitanggang, Rani Prihana, S.Pd dan Stepanus Dian Susanto sebagai pengibar bendera.

Selain itu, Al. Guntoro bertugas sebagai pembaca Teks Kode Etik Guru, Maria Ponijem sebagai pembaca Teks Pembukaan UUD 1945, Yustina Sumartini sebagai dirigen, Yuliana Sumiyah sebagai petugas pembaca doa, dan Agnes Ani Ika sebagai pembawa Teks Pancasila.

Upacara pun berjalan dengan lancar. Para peserta meliputi siswa-siswi dan seluruh guru serta staf mengikuti upacara dengan tertib dan hikmat.

Para siswa mengikuti jalannya upacara dari awal hingga selesai dengan saksama, di mana mereka melihat sendiri bagaimana dewan guru menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab.

Bapak Ibu guru yang bertugas pun memberikan contoh menjalankan tugas dengan baik kepada siswanya.

Dalam amanatnya, Petrus de Alkantara membacakan pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, yang sarat dengan pesan pendidikan karakter siswa.

Salah satu pesannya, guru harus patut digugu dan ditiru. Yang artinya guru harus bisa menjadi teladan. Selain itu, guru juga harus dengan penuh keikhlasan memberi ilmu kepada murid. Sehingga, kelak ilmu yang didapat itu bisa menjadikan anak-anak pintar.

Tak ketinggalan, pesan Ki Hajar Dewantara pun disampaikan dengan jelas.

“Ing Ngarso Sung Tulodho” artinya di depan guru memberi contoh, yang kedua “ Ing Madyo Mangun Karso” artinya di samping guru memberi semangat, yang terakhir adalah “Tutu Wuri Handayani” artinya di belakang guru menjaga dan memperhatikan muridnya.

Usai kegiatan upacara para guru, staf SMP Xaverius berdiri di tengah lapangan untuk menerima ucapan selamat dan terima kasih dari para siswa-siswi SMP Xaverius Lubuklinggau. (Rls)

Komentar

Rekomendasi Berita