oleh

Guru Sekolah Terpencil di Muratara, Harus Lewati Jalan Memprihatinkan

LINGGAU POS ONLINE – Pelajar SDN Embacang Baru lokal jauh di Sungai Minak, Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas Utara (Muratara) beberapa hari belajar di sekolah induk. Terutama saat perayaan HUT Kemerdekaan RI, lalu.

Selain karena itu, semenjak musim kemarau lokasi kelas jauh sulit dijangkau, karena sungai surut. “Perahu tidak bisa sampai ke sana, karena Sungai Minak kering, makanya sejak awal bulan anak-anak ke sekolah induk,” kata Triantoro, guru yang mengajar di kelas jauh tersebut, Sabtu (24/8/2019).

Namun mereka tidak bisa berlama-lama belajar di sekolah induk, karena terpisah dengan keluarganya. Maka sejak Rabu (21/8/2019) mereka dipulangkan ke Sungai Minak.

“Karena Sungai kering, akhirnya ke lokasi naik sepeda motor. Ada jalan setapak,  kondisinya memprihatinkan. Butuh waktu sekitar 1 jam,” katanya.

Triantoro mengaku lebih senang menggunakan perahu ke Sungai Minak. “Kalau naik sepeda motor sepi, medannya juga susah. Tapi kalau musim kering, naik perahu butuh waktu 3 jam,” ia menceritakan.

Khusus 17 Agustus, ia kembali menjelaskan di Minak tidak dilaksanakan upacara bendera, karena siswa ikut upacara di sekolah induk.

Sabtu (24/8/2019), Triantoro kembali ke Karang Jaya mengendarai sepeda motor, setelah sama-sama dengan siswanya ke Rompok Sungai Minak.(*)

Laporan Endang Kusmadi

Rekomendasi Berita