oleh

Guru RA Ummi Ajarkan Bercocok Tanam

LUBUKLINGGAU – Agar anak mengenal berbagai tanaman, para guru RA Ummi Lubuklinggau melatih anak didiknya bercocok tanam. Kegiatan itu juga jadi wadah latihan bagi anak-anak belajar mencintai ciptaan Allah SWT.

Anak-anak diajak menanam sawi, kangkung dan bayam.

“Selama ini mereka hanya mengetahui sayur-sayuran ketika sudah berada di meja makan. Sekarang ini, praktek langsung menanamkan sayuran dalam plastik polibag,” jelas Kepala RA Ummi Lubuklinggau, Aprita Sari, Selasa (22/1).

Lanjut dia, anak didik juga diajarkan bagaimana merawat agar tanaman tumbuh subur. Dengan kegiatan menanam, selain mengenalkan aneka sayuran juga mengajak mereka untuk gemar makan sayur sayuran. Apalagi, sayuran yang mereka tanam jika sudah besar akan dipetik dan dimakan bersama-sama di sekolah.

Banyak sekali manfaat dari kegiatan ini, mengenalkan ciri, bentuk dan manfaat sayuran. Belajar bertanggung jawab atas apa yang ditanam, karena setiap hari mereka harus menyirami dan merawatnya supaya tidak rusak.

“Ini juga termasuk ke dalam media pembelajaran, karena saat ini belajar tidak harus selalu di dalam ruang kelas dengan cara mendengar penjelasan guru. Namun bisa dilakukan dengan cara seperti ini mengajak anak secara langsung menanamkan sayuran,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Aprita Sari juga menyampaikan bahwa RA Ummi Lubuklinggau telah mulai membuka penerimaan peserta didik baru tahun ajaran 2019-2020. Beberapa program unggulan dimiliki sekolahnya, mulai dari hafalan surat pendek, hadist, doa sehari-hari, gerakan dan bacaan salat. Kemudian, mengaji, membaca, berhitung , kunjungan edukatif dan beberapa kegiatan lainnya.

Ia menambahkan, sekolah juga memiliki visi “Menciptakan Generasi yang Islami, Cerdas dan Terampil”.

Dan Misi, mendidik anak berakhlak mulia, mendidik anak berpengetahuan umum, mendidik anak agar dapat berguna bagi agama, nusa dan bangsa. Kemudian, untuk fasilitasnya sendiri, tidak perlu diragukan lagi yakni ruang belajar ber- AC dan multi media, serta CCTV yang terpasang di beberapa titik untuk mengawasi anak-anak. (rrf).

Rekomendasi Berita