oleh

Guru Pesantren Ar Risalah Dalami Ilmu Baca Alquran

LINGGAU POS ONLINE, AIR KUTI – Ramadhan 1439 H dimanfaatkan dengan baik oleh 40 ustadz dan ustadzah Pesantren Modern Ar Risalah. Mereka menimba ilmu langsung dengan Pelatih Metode Maisuro Dr.H.Ahmad Fathoni, Lc.M.A. Untuk memperdalam ilmu membaca Alquran dengan tajwid dan tartil yang sebenar benarnya.

“Jadi kami kembali berlatih tahsin (memperbaiki) tartil Alquran (membaca Al-Qur’an secara perlahan dengan tajwid dan makhraj yang jelas dan benar) melalui metode maisuro. Diantara yang kami lakukan, belajar tahsin dengan memahami sifat dan makhorijul huruf (tempat keluarnya huruf), kedua ahkamut tajwid, ketiga Ahkamul waqf wal ibtida’ dan musykilatul kalimat. Ditambah pengenalan rosmul utsmani dan perbedaan rosm beberapa mushaf Alquran. Baik cetakan Indonesia maupun Timur Tengah,” terang Direktur Bidang Akademik Pesantren Modern Ar Risalah Ust Budi Satriadi, Rabu (30/5).

Pada acara yang dilaksanakan 24 – 27 Mei 2018 itu juga, ustadz/ustadzah Pesantren Modern Ar Risalah dikenalkan dengan beberapa qiroah. Diantaranya qiroah sab’ah.

Pelatihan ini tidak sekedar teori tapi langsung praktek.

“Kami merasa beruntung bertemu dengan Dr. H Ahmad Fathoni, Lc.M.A yang juga dosen PTIQ/IIQ Jakarta ini,” ungkap Ust Budi.

Kepala SMA Ar Risalah Mariska Kurnia Putri berahrap, pelatihan ini diadakan lagi dengan materi khusus musyafahah tashih dan tahsin bacaan Al Quran.(02)

Rekomendasi Berita