oleh

Guru Harus Jadi Teladan

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – Masih dalam suasana Hari Guru Nasional (HGN), pendidik di negeri ini dihadapkan pada tantangan khusus. Yakni menghadapi kecanggihan teknologi.

“Disatu sisi, kecanggihan teknologi bisa membuat kita jadi makin kreatif. Namun, juga bisa membuat kita makin malas. Pun dengan siswa. Teknologi juga bisa berdampak dua hal bagi mereka. Jadi lebih rajin atau jadi lebih malas,” jelas guru SMA Negeri 3 Lubuklinggau, Dian Purnama, Senin (27/11).

Ia memastikan, menjadi guru sejatinya sebuah perjuangan untuk menjadikan anak bangsa sebagai generasi yang baik dan bermartabat.

“Oleh karena itu, guru harus bisa jadi teladan. Memang ini tidak mudah. Namun sebisa mungkin guru melakukan itu,” jelasnya.

Menjadi sosok yang bisa digugu dan ditiru (teladan,red) harus dimulai dari diri sendiri.

“Ya bagaimana kita mau melihat anak rapi berpakaian, kalau kita sendiri tidak rapi. Maka guru wajib memberikan teladan yang rapi dalam berpakaian. Termasuk dari sisi kedisiplinan. Mustahil akan lahir generasi yang disiplin, jika kita sebagai gurunya tidak bisa disiplin. Jadi sikap dan tingkah laku kita itulah, yang sebenarnya jadi modal untuk mendidik. Kalau dari sikap dan ucapan kita selaras, insya Allah anak mudah memahami,” imbuhnya.

Hal senada disampaikan Kepala SMP Negeri 2 Lubuklinggau, Parman.

Ia sepakat, perkembangan ilmu dan teknologi makin pesat menuntut pendidik lebih proaktif .

“Wawasan sebagai guru juga harus dipacu agar dapat menjadi motivator dan pilar utama bagi peserta didiknya. Karena tantangan kita era multi teknologi. Sehingga harus mampu menyikapi lebih positif demi perkembangan anak didik,” jelasnya.

Caranya, lanjut Parman, harus lebih disiplin, sikap yang bijak terhadap pengetahuan yang akan diberikan peserta didik, harus dapat diimplementasikan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Disamping itu, penting bagi guru mencetak generasi yang berprilaku lebih baik, dengan tetap membekali sikap hormat menghormati orang lain,” jelasnya.(05)

Komentar

Rekomendasi Berita