oleh

Guru BK Latihan Konseling

LINGGAU POS ONLINE, LUBUKLINGGAU – 85 Guru Bimbingan Konseling (BK) SMP/SMA/SMK mengikuti pelatihan konseling realita guru BK, 10-11 September 2018. Acara yang diadakan di Aula SMKN 1 Lubuklinggau itu diikuti guru BK se-Kota Lubuklinggau, Kabupaten Musi Rawas (Mura) dan Musi Rawas Utara (Muratara).

Kegiatan tersebut sukses dilaksanakan Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN) cabang Kota Lubuklinggau yang bekerja sama dengan Musyawarah Guru Bimbingan Konseling (MGBK) SMP/SMA/SMK Kota Lubuklinggau, Mura dan Muratara.

Acara tersebut dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Lubuklinggau, H Tamri, Ketua Abkin Sumsel sekaligus Pembantu Dekan III FKIP Unsri Drs Syarifudin, Koordinator Pengawas (Korwas) SMA/SMK Kota Lubuklinggau Agustaman, perwakilan Kepala SMKN 1 Lubuklinggau dan para pemateri pelatihan.

Dalam sambutannya, Ketua Abkin Sumatera Selatan,  Drs Syarifudin menyampaikan bahwa dalam perguruan tinggi pasti ada yang namanya tri dharma perguruan tinggi yakni pengabdian, pengkajian dan penelitian.

Dengan terlibat dalam pelatihan ini merupakan pengabdian program studi bimbingan konseling Universitas Sriwijaya untuk masyarakat yang memberikan kontribusi ke daerah dalam rangka mengembangkan wawasan guru dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Calon pemimpin bangsa itu sangat perlu dipersiapkan, di sini dibutuhkan peran dari Abkin ini untuk mempersiapkannya dan guna membentuk karakter siswa sesuai yang diharapkan bangsa dan negara melalui guru BK,” katanya.

Ketua pelaksana sekaligus Ketua pengurus cabang  Abkin Kota Lubuklinggau, Budi Santoso menyampaikan tujuan dilaksanakan pelatihan konseling realita bagi guru bimbingan konseling tersebut untuk meningkatkan propesionalime terutama untuk guru BK yang ada di Kota Lubuklinggau, Mura dan Muratara.

Dalam pelatihan tersebut, mereka mendatangkan pemateri dari Unsri yakni Dra Harlina, M.Sc, Rani Mega Putri,M.Pd.,Kons dan Risma Anita Puriani, M.Pd. Sedangkan untuk peserta yang mengikuti ada 85 peserta yang terdiri dari 54 peserta guru BK dari tingkat SMA dan 31 peserta guru BK dari tingkat SMP.

“Semoga dengan adanya pelatihan ini, dapat memberikan wawasan baru bagi guru BK sehingga dapat lebih meningkatkan kinerjanya. Kami juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Abkin Sumatera Selatan dan MGBK atas kerja samanya sehingga kegiatan ini berjalan dengan sukses,” bebernya.

Sementara itu, dalam sambutannya H Tamri, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan Abkin cabang Kota Lubuklinggau. Dengan kegiatan tersebut, dapat membantu melancarkan pendidikan di Kota Lubuklinggau dan BK sendiri sangat mempengaruhi perkembangan siswa.

“Lubuklinggau ini, tidak ada penghasilan kecuali jasa, perdagangan dan pendidikan. Maka dari itu, kami sangat welcome dengan kegiatan seperti ini apalagi tujuannya untuk meningkatkan SDM terutama di Kota Lubuklinggau,”ungkap Tamri.

Dikatakan Tamri, kegiatan tersebut merupakan kegiatan positif jadi ia mengharapkan agar para peserta dapat mengikutinya dengan sebaik mungkin. Ia juga mengharapkan kegiatan tersebut dapat dilaksanakan lebih giat lagi, begitu juga untuk jangan hanya saat pengabdian kalau bisa satu bulan melaksanakan pelatihan untuk guru BK.

“Kami mengharapkan, kegiatan ini dapat meningkatkan kinerja guru BK. Serta mengharapkan organisasi Abkin agar tetap hidup mengingat Walikota Lubuklinggau yang baru sangat mengharapkan seluruh organisasi tetap hidup,” tegasnya (rls/rrf)

Rekomendasi Berita