oleh

Gunung Kaba Ditutup Sementara

LINGGAU POS ONLINE, CURUP – Taman wisata alam Gunung Kaba di Kecamatan Selupu Rejang, ditutup sementara. Apa pasalnya? Penutupan dimulai tanggal 8 Januari hingga 28 Februari 2018 dalam rangka perbaikan ekosistem setelah satu tahun lamanya yakni tahun 2017 ramai.

Para pengunjung datang baik yang melakukan hiking dan kemah di kawasan Gunung Kaba.

Demikian disampaikan Kepala Kesatuan Hutan Konservasi (KPHK) TWA Bukit Kaba, Winarso, Jumat (5/1).

“Penutupan ini dalam rangka perbaikan ekosistem di kawasan Gunung Kaba, karena dalam pemulihan sistem ini bukan tidak mungkin kawasan Gunung Kaba ada yang rusak baik karena disengaja atau tidak,” jelasnya.

Kegiatan ini, katanya, merupakan kegiatan rutin pihaknya untuk menjaga kawasan Gunung Kaba.

“Bukan tidak mungkin banyak sampah ataupun pohon yang patah baik disengaja atau tidak oleh kalangan pengunjung sehingga perlu diperbaiki ekosistemnya,” jelasnya.

Menurut Winarso, penutupan selama perbaikan ekosistem nanti dilakukan secara keseluruhan baik untuk kalangan pengunjung yang ingin hiking maupun pengunjung yang hendak berkemah. Saat ini, sambungnya, memang belum ada standar resmi bagi para pendaki. dan biasanya pengunjung hanya dicatat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat berkunjung ke puncak.

“Kita sedang mengupayakan agar pengunjung untuk tidak meninggalkan sampah saat pendakian maupun berkemah, salah satu upayanya dengan mencatat barang bawaan pengunjung. Misal pendaki yang membawa 10 bungkus mi instan saat turun nanti 10 bungkus plastik mi instan yang mereka bawa harus dibawa turun kembali,” harapnya. (09)

Komentar

Rekomendasi Berita