oleh

Gunakan Dana BOS Sesuai Juknis

LINGGAU POS ONLINE, MUARA BELITI – Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Musi Rawas H Sukamto mengingatkan Kepala Sekolah (Kasek) agar lebih bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan sekolah. Baik yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) maupun dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang masuk melalui rekening sekolah seperti dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

“Saya harapkan Kasek dan pengguna anggaran bisa memahami segala prosedur dan peraturan serta hukum dan undang-undang yang berkaitan dengan korupsi,” tegas Sukamto mengingatkan, Senin (27/11).

Sehingga, ia yakin, pencegahan bisa dilakukan dan kesalahan dalam mengelola dan melaporkan keuangan sekolah bisa semakin ditingkatkan. Dengan demikian, lanjutnya, para Kasek dapat terhindar dari kesalahan-kesalahan pengelolaan dan pelaporan pertanggungjawaban keuangan sekolah.

Menurut Sukamto, ketika terjadi kesalahan administrasi dalam memberikan pertanggungjawaban bisa saja menimbulkan persoalan hukum.

Sementara itu Pengamat Pendidikan, Prof DR Jalaluddin menjelaskan, sebaiknya mencegah penyelewengan alokasi Dana BOS, Pemerintah Daerah menggelar sosialisasi kepada seluruh Kasek untuk menambah pengetahuan dan pemahaman mengenai tindak pidana korupsi agar tidak menjadi korban karena kesalahan administrasi dan kesalahan penyusunan pertanggungjawaban.

“Menurut saya, pencegahan jauh lebih penting dilakukan daripada penindakan. Karena jika sudah tersangkut persoalan hukum akan mengganggu tugas dan tanggung jawabnya di sekolah dan akan mengganggu aktivitas sekolah tersebut,” terangnya.

Ia percaya bahwa guru-guru di Provinsi Sumsel, terutama Kasek adalah pribadi-pribadi yang memiliki integritas yang tinggi. Memiliki tugas dan tanggung jawab serta pengabdian yang baik bagi masyarakat, daerah dan bangsa.

Namun, lanjutnya, peningkatan pemahaman dan pengetahuan mengenai persoalan hukum terutama dalam pengelolaan keuangan perlu terus dilakukan. Agar administrasi pertanggungjawaban dapat disampaikan dengan tepat waktu dan benar sesuai dengan prosedur yang berlaku. (05)

Komentar

Rekomendasi Berita