oleh

Gubernur: Sekda OKU Sendiri yang Menolak Jadi Plh Bupati

LINGGAUPOS.CO.ID – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel), H Herman Deru angkat bicara, pasca 8 fraksi DPRD Ogan Komering Ulu (OKU) menyampaikan surat pernyataan untuk menolak keputusan dirinya yang telah menetapkan Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan (DLHP) Drs H Edward Chandra, MH sebagai Pelaksana Harian (Plh) Bupati OKU, Selasa (9/3/2021).

Deru menyangkal, kalau keputusan penunjukkan Plh Bupati tersebut menyalahi aturan dalam Pasal 65 Undang – undang 23 Tahun 2014, yang menyatakan bahwa Sekertaris Daerah merupakan pelaksana tugas sehari-hari kepala daerah. Sebagaimana yang di permasalahkan pihak DPRD OKU.

Menurutnya, keputusan tersebut berdasarkan permintaan langsung dari Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten OKU Dr H Achmad Tarmizi. Untuk membenarkan penyataanya Kepala Pemerintahan Sumsel tersebut lantas menghubungi Sekda bersangkutan dengan menggunakan handphone pribadinya.

“Iya saya sendiri yang memintanya, karena saat ini kondisi saya masih drop dan berkabung. Ditambah lagi karena Pak Kuryana sudah saya anggap orang tua saya sendiri. Jadi dari kemarin seharian saya ini menangis, sehingga badan saya kurang sehat,” kata Achmad melalui saluran telpon.

Selain itu, Achmad Tarmizi menambahkan kalau dirinya merasa tidak mampu menjabat Plh Bupati. Hal tersebut dirasakannya setelah menjadi Plh Bupati OKU selama 10 hari sebelum dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati terrpilih, beberapa waktu lalu.

“Saya pernah merasakan beratnya jadi Plh Bupati walaupun selama 10 hari. Apalagi saya masih menjabat sebagai Sekda dan juga sebagai ketua dari 10 organisasi di OKU. Jadi beban ini saya sangat berat dan saya merasa belum sanggup,” tutupnya.

Atas keterangan langsung dari Sekda OKU tersebut, Gubernur mengharapkan pihak DPRD OKU sekaligus semua pihak yang mempermasalahkan sehingga mengangap keputusan itu diambil secara bias dapat memahami situasi yang ada. “Sudah jelaskan sekarang. Mari kita luruskan hal ini,” pungkasnya.(*)

Sumber: sumeks.co

BACA JUGA: DPRD OKU Tolak Plh Bupati

Rekomendasi Berita