oleh

Golkar, Gerindra dan PKB Bertemu, PKB: Hanya Komunikasi Politik, Bukan Mengusung

LINGGAUPOS.CO.ID – Pertarungan politik jelang Pilkada Musi Rawas makin dinamis. Selasa malam (14/7/2020), tiga ketua partai politik bertemu.

Mereka adalah Ketua DPD Golkar Musi Rawas Firdaus Cik Olah, Ketua DPC Gerindra Musi Rawas Hj Suwarti dan Ketua DPC PKB Musi Rawas H Mochpianto.

Ketiga tokoh ini bersiasat melawan petahana dengan mesin politik mereka masing-masing dan berkoalisi mewujudkan kandidat yang diusung.

Dengan kekuatan di legislatif sebanyak 15 kursi, 7 milik Golkar, 5 milik Gerindra dan 3 milik PKB dan parpol lainnya siap menyusul.

“Kami pastikan lawan petahana, kami berunding-berunding melawan petahana, kami petarung dan all out. Insya Allah parpol lain nyusul. Cuma tinggal menunggu keputusan DPP siapa yang jadi nomor 1 nya,” ujar Ketua DPD Gerindra Hj Suwarti yang juga Wakil Bupati Musi Rawas ini.

“Sudah mengerucut, tinggal menunggu keputusan DPP. Di bawah sudah klir karena lebih mudah untuk komunikasi lintas partai. Saya siap melawan petahana 1, tidak ada keraguan,” tegas Suwarti.

Sementara, Ketua DPD Golkar Mura, Firdaus Cik Olah (FCO) memastikan diri akan maju dalam Pilkada Mura 2020, menjadi penantang petahana bersaing merebut kursi Mura 1. Bahkan ia mengaku telah menjalin komunikasi dengan pimpinan parpol di Mura untuk berkoalisi.

“Dari awal sudah saya sampaikan akan tetap ingin maju Pilkada. Kalau ada dua calon bupati di Mura, berarti salah satunya saya. Itu sudah hasil komunikasi dengan para petinggi politik, salah satunya bu Suwarti,” kata Firdaus.

Mengenai parpol pengusung, Firdaus optimis partai pohon beringin akan mengusungnya. Karena sesuai pernyataan Ketua DPP Golkar, Airlangga Hartanto, memprioritaskan kader untuk diusung berkontestasi merebut kursi kepala daerah dalam Pilkada serentak 2020.

“Koalisi Golkar-Gerindra saja sudah kuat, Golkar tujuh kursi Gerindra lima kursi. Belum lagi ditambah beberapa partai lainnya. Intinya kami sudah intens berkomunikasi untuk merajut koalisi ini,” tegas.

Sementara H Mochpianto menjelaskan pertemuan itu bukan rencana pengusungan untuk menghadapi Pilkada Mura 2020.

H Mochpianto mengatakan, pertemuan lintas parpol tersebut, hanya sebatas komunikasi politik yang lumrah dilakukan setiap parpol jelang pelaksanaan pemilu. Sementara, menurutnya, istilah mengusung itu, sudah berbicara tentang surat rekomendasi parpol.

Ia menyebutkan, siapapun berhak untuk diusung PKB, termasuk FCO, Hj Suwarti ataupun Petahana, H Hendra Gunawan. Asalkan, lanjut dia, bisa memenuhi kriteria yang diinginkan masyarakat Mura dan mengikuti mekanisme PKB.(*)

Rekomendasi Berita