oleh

Giatkan Program Peningkatakn Kompetensi Guru SMP/MTs

2018, Disdik Mura Menarget Semua Sekolah Terapkan K13

Kegiatan Bimbingan Teknik (Bimtek) Pengelolaan Penilaian Berbasis Aplikasi Kurikulum 2013 ini dilatarbelakangi hasil Monitoring Dan Evaluasi Pelaksanaan (K13) tingkat SMP, yang menunjukkan bahwa salah satu kesulitan pendidik dalam mengimplementasikan K13 adalah dalam hal melaksanakan penilaian.

Laporan Qori Musdalifah, Majapahit

KETUA Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP/MTs sederajat Musi Rawas (Mura), Eko Sujarwo pada pembukaan Bimtek pengelolaan penilaian berbasis aplikasi Kurikulum 2013, yang diikuti guru perwakilan SMP/MTs negeri dan swasta se-Kabupaten Musi Rawas di Ballroom Hotel Hakmaz Taba Syariah Lubuklinggau, Sabtu (4/11).

Selain itu, lanjutnya, 60 % responden pendidik menyatakan mereka belum dapat merancang, melaksanakan, mengolah, melaporkan dan memanfaatkan hasil penilaian dengan baik. Serta kesulitan utama yang dihadapi pendidik adalah merumuskan indikator, menyusun butir-butir instrumen, dan melaksanakan penilaian sikap dengan berbagai macam teknik dan beberapa masalah lainnya termasuk ketidakpercayaan diri pendidik dalam melaksanakan penilaian keterampilan.

Untuk itu, Eko Sujarwo menjelaskan, kegiatan Bimtek ini diselenggarakan dengan tujuan untuk memberikan pelatihan bimbingan dan pelatihan kepada guru, agar guru bisa merencanakan, mengembangkan instrumen dan melaksanakan penilaian hasil belajar.

“Dan diharapkan juga dengan pelatihan ini guru bisa menganalisis dan menyusun laporan, termasuk mengisi rapor serta memanfaatkan hasil penilaian. Dan kegiatan ini dapat menyamakan persepsi guru dalam melaksanakan penilaian, sehingga kita semua guru dapat melaksanakan K13 ini dengan lebih baik lagi,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Musi Rawas, H Sukamto, Kabid Dikdas Hartoyo, Kasi Kurikulum Raslim dan narasumber Sadiman, ketua MKKS Eko Sujarwo, beserta kepala sekolah SMP/MTs dan guru peserta Bimtek dari SMP/MTs se-Kabupaten Musi Rawas.

Eko juga menjelaskan jika Bimtek ini diikuti 60 peserta yang merupakan guru perwakilan setiap SMP/MTs Negeri dan Swasta di Kabupaten Musi Rawas.

“Dan pada pelatihan ini MKKS menghadirkan narasumber yang benar-benar kompeten dibidangnya, yakni salah satu tim penyusun buku panduan penilaian K13, Sadiman.M.Pd,” ungkapnya.

Di samping itu, dalam arahannya, Kepala Dinas Pendidikan Musi Rawas, H Sukamto berharap para guru peserta agar dapat mengikuti kegiatan Bimtek ini dengan sebaik-baiknya. Karena kegiatan Bimtek ini sangat bermanfaat untuk guru-guru Musi Rawas, di mana tahun 2018 ini semua sekolah diharuskan menerapkan K13.

“Ikutilah kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, disamping untuk menambah ilmu para guru, kegiatan ini juga wadah untuk meningkatkan mutu guru dan sebagai pengembangan diri dan refreshing diri,”jelasnya.

Sukamto juga berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan hingga semua guru bisa, dan setelah ini, peserta Bimtek dapat mengimbaskan ilmu yang didapat kepada rekan-rekan guru di sekolah masing-masing.

Sementara itu, Kepala SMPN L Sidoarjo Untung Sudarsono mengatakan sangat senang dengan adanya kegiatan ini dan ia mengirimkan Waka Kurikulumnya Mujiono untuk mengikuti Bimtek K13 ini.

“Kegiatan ini adalah kesempatan yang bagus untuk menyamakan atau menyeragamkan penggunaan aplikasi penilaian K13 yang selama ini berbeda-beda. Dan juga untuk pengembangan mutu serta kompetensi guru di SMPN L Sidoharjo, karena apa yang didapatkan dari Bimtek ini akan kita imbaskan kepada rekan guru yang ada di sekolah. Sehingga penerapan K13 di SMPN L Sidoharjo akan semakin lebih baik lagi,” tutupnya. (*)

Komentar

Rekomendasi Berita