oleh

Germas Solusi Cegah Stunting

MUSI RAWAS – Mengurangi dan mencegah angka stunting di wilayah Kecamatan Muara Lakitan, menjadi fokus Puskesmas Muara Lakitan pada 2019 nanti.

Menindaklanjuti hal itu, Kepala Puskesmas Muara Lakitan Dr Arinanda Kurniawan terus menyosialisasikan kepada masyarakat, Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Germas ini menjadi landasan utama yang bagus untuk mencegah terjadinya stunting.

Stunting kondisi gagal tumbuh pada anak balita, akibat kekurangan gizi kronis terutama pada 1.000 hari pertama kehidupan dari bayi di dalam kandungan sampai usia 2 tahun. Sehingga, perkembangan anak pada usianya lambat. Kondisi kekurangan gizi sudah terjadi sejak bayi dalam kandungan dan pada masa awal setelah lahir.

Edukasi kepada masyarakat merupakan langkah yang perlu dilakukan, selain mengedukasi bagaimana cara untuk hidup sehat bagi ibu hamil, juga asupan gizi ibu hamil menjadi hal penting yang harus diperhatikan.

“Kita akan mengadakan pos timbang di setiap Desa di luar waktu Posyandu, dan kegiatan pemberian makanan tambahan untuk ibu hamil,” kata Arinanda Kurniawan kepada koran ini, Minggu (23/12).

Menurutnya, pada 2019 nanti tidak fokus ke stunting saja. Tetapi ia akan buatkan program Muara Lakitan bebas asap rokok bagi pengunjung dan petugas Puskesmas. Agar tidak merokok di dalam Puskesmas, dalam upaya mendukung gerakan mengurangi asap rokok di ruang publik.

Diketahui, Puskesmas Muara Lakitan tersebut sudah ada rawat inap, dengan 67 pegawai. Diantaranya, tiga Dokter Umum dan satu Dokter Gigi tentunya siap melayani masyarakat. (dlt)

Rekomendasi Berita