oleh

Gereja Dijaga Ketat, Peringatan Jumat Agung di Lubuklinggau Kondusif

LINGGAUPOS.CO.ID – Peringatan jumat agung atau peringatan wafatnya Yesus bagi umat kristiani, di Gereja Katolik Penyelenggaraan Ilahi Lubuklinggau, dibagi secara bertahap. Pagi jemaat anak-anak, siang jemaat lansia, sore untuk umum, dan malam untuk umum.

Sekretaris DPP Gereja Katolik Penyelenggaraan Ilahi Lubuklinggau, Deni Ari Wibowo mengatakan peringatan dilakukan bertahap itu karena mengikuti protokol kesehatan. Biasanya peringatan jumat agung secara bersama, tapi kali ini harus dibagi-bagi.

“Selain jemaat dibatasi atau dibagi-bagi, pelaksanaan juga dilakuan dengan singkat. Kalau sebelumnya selama 2 jam, sekarang sebisa mungkin selesai dalam 1 jam,” kata Ari, di Gereja Katolik Penyelenggaraan Ilahi Lubuklinggau, Jumat (2/4/2021).

Begitu juga saat kegiatan puncak paskah pada Minggu (4/4/2021) nanti, polanya akan sama, jemaat dibatasi dan dibagi. “Juga dilakukan live streaming di facebook dam youtube. Jemaat bisa mengikuti peringatan paskah dari rumah,” tambahnya.

Sementara pengamanan dilakukan oleh aparat dari Polres Lubuklinggau, Brimob dan TNI. Terlihat puluhan petugas melakukan pengamanan di area gereja, secara ketat.

Selain petugas gabungan, juga ikut mengamankan Pemuda Batak Bersatu (PBB). Kadiv Humas PBB Lubuklinggau, Boy Sibuea mengatakan sesuai arahan dari PBB pusat, pemuda batak bersatu ikut bergabung dengan aparat menjaga ketertiban, dan keamanan gereja.

“Jadi ada 12 gereja di Lubuklinggau, semua kita tempatkan 2-3 orang anggota PBB Lubuklinggau,” kata Boy.(*)

Rekomendasi Berita