oleh

Genangan Air Seperti Kolam Ikan

LINGGAU POS ONLINE, MARGA MULYA – Genangan air akibat hujan yang cukup lebat, dikeluhkan masyarakat terutama pengendara jalan. Salah satu jalan yang tergenang air di Jalan Yos Sudarso No. 112, Kelurahan Marga Mulya, Kecamatan Lubuklinggau Selatan II, Kamis (23/11) malam.

Selain disebabkan hujan lebat, genangan air ini disebabkan kerusakan jalan yang cukup parah semakin. Bahkan genangan ini, tampak seperti kolam ikan. Pengendara motor harus berhati-hati, saat melalui jalan yang tergenang air itu.

Riki (17) warga Kelurahan Taba Pingin yang hampir setiap hari melintasi jalan tersebut, mengeluhkan kondisi ini.

“Kalau hujan ya begini pasti jalannya penuh dengan genangan air, jadi harus ekstra pelan-pelan,” cetus Riki

Jalan tersebut mengalami Genangan air, menurutnya lebih kurang sudah dua tahun terakhir.

“Setiap turun hujan pasti jalan ini selalu digenang air, jadi kalau mau lewat harus menunggu dengan pengendara lain,karena takut kena baju basa kena air dari motor berlawanan,” tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan Rama (24). Salah seorang pengendara motor yang sering melintasi jalan itu mengaku prihatin melihat genangan air di badan jalan.

“Menurut saya, jalan itu cukup bagus kalau mau dibuatkan kolam ikan,” candanya.

Agar genangan air itu tidak terjadi saat curah hujan tinggi, dirinya menyarankan kepada pihak terkait agar memperbaiki drainase yang tidak berfungsi dengan baik.

“Kalau saya lihat, genangan itu terjadi karena airnya tidak turun ke drainase. Harusnya ini menjadi perhatian warga dan aparat Kelurahan, supaya jalan itu tidak lagi tergenang air saat hujan,” katanya.

Rama mengaku, saat melintasi jalan yang tergenang air di beberapa tempat dirinya selalu berhati-hati. Sebab, jalan yang tergenang air itu didominasi oleh jalan-jalan yang berlubang.

“Bahaya, kebanyakan berlubang mas. Takut kalau kebut pas kena lubang, jadi mending pilih santai, lebih aman,” ungkapnya.

Sementara itu Ketua RT07 Kelurahan Marga Mulya, Rudi (35) mengatakan, di sini memang rawan genangan air dari dulu, karena faktor jalannya rendah.

“Kondisi ini sudah pernah kami laporkan,tetapi belum juga ada perbaikan,” ucapnya singkat. (01)

Komentar

Rekomendasi Berita