oleh

Suhu Panas Landa Indonesia, Juga di Sumsel

LINGGAU POS ONLINE – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi wilayah Indonesia akan mengalami suhu panas selama kurang lebih satu minggu ini. Hal ini dikarenakan matahari yang berada dekat dengan jalur khatulistiwa.

”Dalam waktu sekitar satu minggu ke depan masih ada potensi suhu terik di sekitar wilayah Indonesia mengingat posisi semu matahari masih akan berlanjut ke selatan dan kondisi atmosfer yang masih cukup kering sehingga potensi awan yang bisa menghalangi terik matahari juga sangat kecil pertumbuhannya,” kata Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Mulyono R. Prabowo, seperti dikutip dari detik.com, Selasa (21/10/2019).

Terpisah, Kasi Observasi dan Informasi BMKG Stasiun Meteorologi SMB II Palembang Bambang Beny Setiaji kepada linggaupos.co.id menambahkan,  sejak Selasa sampai Kamis (22-24/10/2019), akan terjadi penurunan potensi hujan di Sumsel.

“Secara regional, adanya Badai Tropis Neoguri dan Bualoi di Samudera Hindia mengakibatkan adanya penarikan massa udara ke pusat badai tropis tersebut. Hal ini mengakibatkan adanya  potensi penurunan intensitas hujan selama tiga hari ke depan (22-24/10/2019) di wilayah Sumsel dan berpotensi peningkatan intensitas asap,” jelasnya.

Sedangkan secara lokal, ditambahkannya kondisi hujan akibat faktor lokal (awan konvektif dan orografis) akan tetap berpotensi di wilayah bagian barat Sumsel dikarenakan kelembapan udara lapisan atas cukup memadai untuk pertumbuhan awan dan berdataran tinggi. Biasanya hujan yang terjadi berlangsung sebentar, sporadis (berbeda tiap tempat) dan berpotensi petir disertai angin kencang.

Ia juga menjelaskan, selama sepekan ini, udara akan terasa lebih terik pada siang hari karena posisi matahari berada di ekuator (khatulistiwa).

“Kami juga menghimbau untuk tidak melakukan pembakaran baik itu sampah rumah tangga maupun dalam pembukaan lahan pertanian/perkebunan dan tetap update peringatan dini cuaca ekstrim BMKG di aplikasi infoBMKG di smartphone anda,” tambahnya.(*)

Laporan Endang Kusmadi

Rekomendasi Berita