oleh

Gelombang Panas, Jalanan di Australia Meleleh dan Banyak Hewan Mati

AUSTRALIA – Australia sedang berjuang melalui gelombang panas paling signifikan selama 80 tahun, saat ini suhu melonjak di atas 104F (40C) selama enam hari berturut-turut di seluruh negeri. Ratusan warga berbondong-bondong ke Bondi Beach di Sydney, untuk menenangkan diri dari suhu musim panas yang ekstrem.

Parahnya lagi, jalan-jalan mencair, hewan-hewan terjatuh dan api berkobar saat catatan suhu jatuh di New South Wales, Australia Selatan, dan Victoria.

Sosok yang mencengangkan terbaru dilaporkan di kota Noona, di New South Wales, yang melaporkan suhu minimum semalam 96,6F (35,9C) pada hari Kamis, rekor baru untuk seluruh Australia.

Setidaknya lima dari sepuluh hari terhangat di negara itu telah mencapai rekor dalam minggu terakhir, dengan hari Jumat, dimana merkuri memuncak belum dihitung. Catatan terpanas untuk negara tersebut datang pada 7 Januari 2013, ketika suhu maksimum rata-rata nasional adalah 104,5F (40,3C).

Pada hari Rabu saja, New South Wales memecahkan 14 rekor panas sepanjang masa dan delapan rekor Januari, termasuk di kota Griffith yang menderita panas 114F (46,4C).

Menindee, di ujung barat negara bagian itu, dijadwalkan mencapai 113F (45C) pada hari Jumat setelah memecahkan rekor sepanjang masa dengan suhu 118F (47,8C) pada awal minggu. Belum terlihat tinggi siang hari di bawah 113F sejak Senin.

Melansir Daily Mail, bandara Broken Hill, Whitecliff, Wilcannia, dan Albury semuanya menyaksikan hari-hari terpanas mereka sejak pencatatan dimulai pada hari Rabu.

Sementara itu Marble Bar, di Australia Barat, mencatat suhu tertinggi selama tujuh hari terakhir dengan 120F terik (49,1C) pada hari Minggu, menandai rekor Januari. Tarcoola, di Australia Selatan, juga mencapai 119F (49C).

“Berdasarkan luas dan lamanya, ini adalah gelombang panas yang paling signifikan yang mempengaruhi daratan Australia timur sejak Januari 1939,” kata Biro klimatologi Biro Meteorologi, Simon Grainger.

Pemerintah negara bagian dan Biro Meteorologi telah mengeluarkan lusinan peringatan, memberi tahu pengemudi untuk memberikan waktu ekstra untuk perjalanan karena mobil lebih cenderung rusak dalam kondisi ekstrem.

Dinas Pemadam Kebakaran di New South Wales mengatakan, krunya memerangi lebih dari 60 kebakaran dengan 13 larangan api di seluruh negara bagian. Tiga anak di Sydney barat daya harus dirawat karena kelelahan dan muntah panas, sementara 16 orang di Australia Selatan dirawat di rumah sakit setelah menderita efek panas.

Bantuan sebagian diperkirakan, di sebagian besar New South Wales dan Australia Selatan akan memasuki minggu depan, dengan suhu hampir 50F (10C) dari tertinggi mereka minggu ini.

Namun, daerah pedalaman masih akan tetap panas terik dengan potensi panas lebih banyak sebelum musim panas berakhir. Sydney terlihat berada dalam beberapa hari yang lebih dingin daripada yang dideritanya selama seminggu terakhir ini, dengan suhu diperkirakan akan turun di bawah 86F (30C) selama akhir pekan. (der/fin)

Rekomendasi Berita