oleh

Geliat Perekonomian Kota Lubuklinggau Meningkat

KOTA Lubuklinggau dibawah kepemimpinan H SN Prana Putra Sohe dan H Sulaiman Kohat sudah didaulat menjadi kota tujuan wisata, terbukti hadir menyajikan keindahan wisata alam dan tujuan belanja. Bahkan, sekarang didukung dengan adanya program ‘Ayo Ngelong ke Lubuklinggau’.

Sejak gencarnya program ini, Lubuklinggau dikunjungi jutaan warga dari luar daerah. Bahkan, ini terlihat jelas semasa liburan tahun baru. Seperti di Waterpark, Air Terjun Temam yang dijuluki ‘Niagara Mini’, Bukit Sulap dengan inclinator.

Kota Lubuklinggau pun saat ini memiliki lima objek wisata Unggulan yaitu, Air Terjun Temam, Bukit Sulap, Wisata Religi Masjid Agung As-Salam, Watervang dan Arung Jeram. Terlebih, berdasarkan hasil survei terakhir obyek wisata Kota Lubuklinggau masuk tiga besar dari semua kabupaten yang ada di Sumsel, dengan demikian perlu ada penambahan pembangunan fasilitas untuk pengunjung agar lebih aman dan nyaman.

“Untuk membangun wisata harus ada desain modern dan tidak bisa hanya mengandalkan kecantikan pesona alam saja, tapi keragaman bentuk agar pengunjung lebih menarik. Contohnya negara Singapura, tidak memiliki obyek wisata alam, tapi bisa menarik orang luar untuk berkunjung dan itulah yang akan ditargetkan kedepan,” jelas Nanan.

Bahkan, Pemerintah Kota Lubuklinggau jeli dalam melihat potensi Bukit Sulap. Eksotika dan medannya yang ekstrem digarap menjadi jalur sepeda gunung. Trek turun bukit (Downhill) Bukit Sulap cukup menantang. Sejak 2010, kejuaraan sepeda gunung rutin digelar di tempat itu. Puncaknya pada Oktober 2014, Bukit Sulap terpilih sebagai lokasi Kejuaraan Sepeda Gunung tingkat Asia (Asian Mountain Bike) yang diikuti atlet sepeda dari 20 negara.

Terbukti, pengunjung bukan hanya warga Kota Lubuklinggau saja, namun, juga warga daerah lain seperti Bengkulu, Empat Lawang dan Jambi yang sengaja datang untuk menikmati indahnya air terjun Temam.

Menurutnya, hal ini tidak lepas dari upaya masyarakat terus mewujudkan kota wisata tersebut. Apalagi geliat perekonomian Lubuklinggau sudah terlihat jelas, dengan menjadi tujuan belanja dari keberadaan pusat perbelanjaan yang ada.

Selain pusat perekonomian, Nanan juga mempertegas bahwa Kota Lubuklinggau pun siap menjadi kota tujuan pendidikan. Mulai dari perguruan tinggi hingga sekolah unggulan, yang memancing minat siswa luar daerah untuk bersekolah di Lubuklinggau. (Rls/09)

Komentar

Rekomendasi Berita