oleh

Gejalanya, Flu Tak Kunjung Sembuh

dr Mast Idris Utsman E

GEJALA awal HIV muncul sekitar enam bulan awal sejak terpapar. Termasuk kumpulan gejala akut yang menyerupai penyakit flu atau yang biasa disebut acute retroviral syndrome (Baca Tabel).

Dr H Mast Idris Ustman E mengatakan rerata pengidap HIV/AIDS sulit disembuhkan.

“Kalau sudah menderita penyakit ini, kemungkinan kecil bisa bertahan hidup,” tuturnya, kemarin (27/11).

Dr Mast Idris menjelaskan, mengenai jangka waktu bertahan hidup dari virus HIV tidak bisa ditentukan dalam hari, bulan atau tahun.

“Namun melainkan tergantung daya tahan tubuh penderita itu sendiri,” jelas dr Mast Idris.

Lebih lanjut ia menjelaskan untuk gejala-gejala penyakit ini tidak ada bedanya dengan penyakit lainnya seperti batuk pilek, TBC, kanker kulit dan kembali lagi terhadap kuman yang masuk ke dalam tubuh.

Ia menjelaskan, masyarakat tidak perlu takut kalau berteman dengan penderita HIV/AIDS. Karena cairan yang bisa menularkan HIV ke dalam tubuh orang lain hanya melalui darah, dinding anus, Air Susu Ibu (ASI), cairan vagina, termasuk darah menstruasi dan sperma.

HIV tidak tertular dari ciuman, air ludah, gigitan, bersin, berbagi perlengkapan mandi, handuk, peralatan makan, memakai toilet atau kolam renang yang sama, digigit binatang atau serangga seperti nyamuk.

Untuk pencegahannya, dr Mast Idris mengingatkan agar kita jangan melakukan hubungan sex bebas dengan pasangan lain. Selain itu HIV juga bisa menular akibat jarum suntik.

“Kebanyakan dari kasus yang ditangani Klinik VCT RS Siti Aisyah, kasus HIV AIDS disebabkan seks bebas dan jarum suntik penyalahgunaan narkoba,” imbuhnya.(16)

Komentar

Rekomendasi Berita