oleh

Gedung Telkomsel di Pekanbaru Terbakar, Jaringan di Sumsel Ikut Terganggu

LINGGAUPOS.CO.ID – Terbakarnya fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di kawasan gedung Plasa Telkom Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru mengakibatkan layanan pesan singkat, jaringan telepon, internet dan jaringan indihome lumpuh. Dampak tersebut juga menyebar sampai ke beberapa daerah di Sumatera.

Vice President Corporate Communications Telkomsel, Denny Abidin mengakui insiden ini berdampak pada penurunan kualitas akses layanan telekomunikasi Telkomsel di wilayah Sumatera.

“Kejadian tersebut berdampak pada layanan panggilan suara dan SMS untuk sementara ini belum dapat digunakan, dan ada penurunan kualitas akses data di sejumlah wilayah di Sumatera,” kata Denny, dikutip Riau Pos, Selasa (11/8/2020).

Dijelaskannya, saat ini tim teknis Telkomsel masih berupaya maksimal untuk memulihkan layanan secara keseluruhan agar dapat berjalan normal kembali.

“Kami akan sampaikan informasi lebih lanjut secara berkala untuk perkembangan proses pemulihan layanan tersebut,” ujarnya.

Pihaknya juga menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang terdampak atas gangguan dan ketidaknyamanan yang terjadi.

Diketahui, paska terbakarnya gedung STO di Plasa Telkom tersebut, pada Selasa (11/8/2020) siang jaringan internet milik anak perusaan pelat merah PT Telkom Indonesia tersebut mati total. Hingga kini, akses jaringan belum juga pulih.

Sementara kebakaran yang melanda kawasan tersebut sudah berhasil padam saat tim pemadam kebakaran turun ke lokasi.

Imbas kebakaran ini, juga terimbas di Sumatera Selatan. Pelanggan Telkomsel tidak bisa menggunakan telepon dan SMS, jaringan internet juga terganggu.

Corporate Communication Telkomsel Regional Sumbagsel  Gumilar HN Ali, mohon maaf adanya gangguan tersebut. Itu dikarenan adanya Kantor STO Telkom Pekanbaru yang terbakar. Sehingga berdampak terhampar penurunan layanan telkomsel.

”Gangguan di 2G dan 3G . Untuk sementara bisa gunakan jaringan 4G,” jelasnya. (*)

Rekomendasi Berita